Untuk Pertama Kalinya, Suhu di Antartika Capai 20 Derajat Celcius

  • Jumat, 14 Februari 2020 - 06:19:24 WIB | Di Baca : 2316 Kali

SeRiau - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, suhu di benua paling selatan Bumi, Antartika, mencapai lebih dari 20 derajat. Pada 9 Februari lalu, para ilmuwan mencatat, suhu di Antartika sudah mencapai 20,75 derajat Celcius.

"Kami belum pernah menemukan suhu setinggi ini di Antartika sebelumnya," ucap ilmuwan asal Brazil, Carlos Schaefer, dilansir AFP, Jumat (14/2).

Namun, ia menyebut, suhu tinggi yang terjadi pada 9 Februari lalu itu tidak ada hubungannya dengan tren perubahan iklim. Sebab, hal itu hanya terjadi satu kali dan bukan dalam bentuk rangkaian panjang.

"Kami tidak bisa menggunakan data ini untuk mengantisipasi perubahan iklim di masa depan. Tapi, ini adalah sinyal bahwa sesuatu yang berbeda saat ini sedang terjadi di Antartika," ucapnya.

Suhu tinggi bisa mempercepat pencairan gletser atau lapisan es di Antartika. Akibatnya, kenaikan permukaan laut bisa meningkat dan mengancam kota-kota pesisir atau negara-negara kepulauan.

Di minggu sebelumnya, Pusat Meteorologi Nasional Argentina mencatat suhu di Antartika mencapai 18,3 Celcius di pangkalan Esperanza. Suhu ini lebih tinggi ketimbang rekor sebelumnya yang mencapai 17,5 derajat di tahun 2015. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar