Soal CSR Perusahaan di Pekanbaru, Munawar : Jangan Ingin Untung Saja, CSR Harus di Salurkan !

  • Selasa, 28 Januari 2020 - 18:24:31 WIB | Di Baca : 922 Kali
Munawar Syaputra Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Dsri Partai Nasdem

 


SeRiau-  Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Munawar Saputra mengingatkan seluruh perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru untuk memenuhi kewajibannya melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan dengan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Saat ini di wilayah Kota Pekanbaru ada ratusan bahkan ribuan perusahaan yang beroperasi. Jika seluruh perusahaan melaksanakan dana CSR maka akan sangat membantu pemerintah dalam upaya peningkatan pembangunan,” ujar Munawar, saat berbincang bersama wartawan, Selasa (28/01/2020).

Loading...

Tak hanya itu, politisi Partai NasDem itu pun meminta agar Pemerintah Kota Pekanbaru mampu membuka secara transaparan pengelolaan dan penyaluraan dana CSR yang telah diberikan perusahaan selama ini, serta memberi tindakan atau sanksi tegas bagi perusahaan yang tidak melaksanakan program tersebut.

Sebab, sambung Munawar, berdasarkan Perda yang pernah disahkan oleh DPRD pada tahun 2018 lalu tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, laporan dan evaluasi pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan bersifat terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat umum.

"Perda tersebut harus menjadi landasan, karena ada teguran dan sanksi bagi perusahaan yang tak meyalurkan. Tapi sampai saat ini saya sebagai fungsi pengawasan belum mendengar dan menerima tembusan laporan terkait perusahaan mana saja kah yang sudah memberikan dana CSR-nya,” tuturnya.

Diingatkan Munawar, sudah sepatut perusahaan tidak hanya sekedar memburu keuntungan semata, melainkan memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan CSR.

"Harus sama-sama untung dalam hal ini, tidak boleh sepihak, masyarakat juga harus merasakan manfaatnya, dan DPRD pastinya akan terus mengawasi, juga akan memanggil pihak yang berkompeten jika dirasakan perihal ini tidak terlaksana dengan baik," pungkasnya. (***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar