Tumpahan CPO PT SDS Cemari Laut Dumai Dan Sampai Keparit Warga

  • Selasa, 28 Januari 2020 - 16:18:16 WIB | Di Baca : 3366 Kali
Tumpahan CPO PT SDS Cemari Laut Dumai Dan Ekositem Bakau Disekitarnya

 

 

SeRiau-Tumpahan CPO PT Surya Dumai Sejahtera (SDS) yang terjadi Selasa (28/01/2020) cemari Laut Dumai. Selain mencemari Laut, CPO PT SDS ini juga sudah sampai ke parit warga di Jl Rimbun Jaya.

Loading...

Pencemaran dari CPO PT SDS ini, terjadi setelah pipanya mengalami kebocoran, sehingga tumpah sampai mencemari Laut. Akibatnya, pihak perusahaan kewalahan untuk mengatasinya.

Pencemaran lingkungan kembali terjadi akibat tumpahan Crude Palmoil  (CPO) ke laut di Wilayah perairan kawasan industri Lubuk Gaung-Kecamatan Sungai Sembilan kota Dumai, pada Selasa, (28/01/20).

Kejadian sekitar pukul 06.00 WIB diperkirakan 500 kiloliter minyak CPO milik PT Dumai Sari Sejati (SDS) tumpah ke laut akibat selang hose lepas atau putus saat  melakukan loading minyak ke kapal.

Tumpahan itu mengakibatkan  sebagian perairan tertutup minyak berwarna kuning tersebut. Bahkan tumpahan dari CPO PT SDS ini sampai merembes ke anak Sungai yang ada di JL Rimbun Jaya dekat PT IBP.

Humas PT.SDS Kameru Bangun saat dikonfirmasikan terkait tumpaham itu, membenarkan ada kejadian tumpahan CPO diwilayah kerja mereka.

“kejadian terjadi sekira pukul 06.00 WIB saat peoses transper ke kapal selag /hose putus dan terjadilah tumpahan,”ujar Kameru

“Kita sudah melakukan tindakan pembersihan. Kami berkerjasama dengan PT PII dan IBP untuk memasang oil bom untuk pemblokiran minyak menyebar ke area lain.”jelas Kameru

Terkait hsl ini, pihsk PT SDS juga sudah berkomunikasi dengan instansi terkait seperti KSOP dan DLH untuk melakukan pembersihan CPO yang telah mencemari Laut Dumai tersebut.

Tumpahan CPO yang berakibat terjadinya pencemaran dilaut Dumai ini, merupakan tanggung jawab PT SDS. Dan seharusnya dengan kejadian ini, paling tidak instansi terkait seperti DLH memberikan sanksi tegas, karema keadian ini murni dari kelalaian dari pihak PT SDS. (Dedi Iswandi)


 

 




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar