Kepsek SMAN 7: Guru Dituntut Bisa Menyusun RPP Secara Efektif dan Efesien.

  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 22:30:26 WIB | Di Baca : 198 Kali

 

SeRiau,- SMAN 7 Pekanbaru melaksanakan In House Training (IHT) dengan tema" Penyusunan RPP secara efesien dan efektif bagi guru untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran di SMAN 7 Pekanbaru". Kegiatan IHT berlangsung satu hari penuh, Jumat (2/11). 

Kepala SMAN 7 Pekanbaru Dr. Hj. Nurhafni. MPd mengatakan kegaitan IHT ini diikuti oleh seluruh guru SMAN 7 Pekanbaru. Dalam penulisan dan penyusunan RPP, guru bebas memilih, membuat, menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efektif, efisien dan berorientasi pada siswa. Komponen RRP terdiri dari komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Sedangkan komponen lain sebagai pelengkap yang boleh tidak ditulis atau ditulis. Penyederhanaan penyusunan RPP ini berdasarkan surat edaran Mendikbud RI No 14 tahun 2019.

Loading...

Menurutnya, efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak, menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan berorientasi pada siswa berarti penulisan RPP dilakukan dengan pertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar siswa di kelas.

Berdasarkan edaran tersebut, bisa saja RPP disusun dengan singkat, bahkan hanya satu halaman saja. Asalkan tetap sesuai dengan prinsip efektif dan berorientasi pada siswa." Kita berharap guru guru SMAN 7 bisa membuat RPP secara efesien dan efektif. Kerena bagaimanapun RPP ini sebagai panduan guru dalam proses pembelajaran dikelas. Guru SMAN 7 harus terus meningkatkan kualitas dirinya, ya salah satu dengan IHT ini," kata Nurhafni, Sabtu (25/1) di Pekanbaru.

Nurhafni menambahkan, melalui IHT penyusunan RPP bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Tidak hanya siswa dituntut untuk belajar, tetapi guru harus terus mengali informasi ilmu pengetahuan. Hadir dalam kegiatan IHT SMAN 7 Pekanbaru yakni pengawas SMA/SMK Disdik Riau Joyosman sebagai pemateri IHT. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar