Dugaan Pencabulan Ketua KPU Banjarmasin Akan Dibawa ke DKPP

  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 19:18:19 WIB | Di Baca : 314 Kali

SeRiau - Adanya kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Gusti Makmur, Ketua KPU Banjarmasin membuat para penyelenggara pemilu di Kota Banjarmasin sibuk. Tak hanya KPU Kalsel, Bawaslu Kota Banjarmasin ikut cawe-cawe mengkaji dugaan pelecehan seksual tersebut.

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani, berkata pihaknya masih mengumpulkan hasil penelusuran dan pengkajian apakah ada pelanggar kode etik atau tidak terhadap Gusti Makmur.

"Saat ini masih dalam proses, secepatnya jika kami rasa cukup langsung kami serahkan ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum) dengan berkoordinasi dulu dengan Bawaslu Provinsi Kalsel," ucap Subhani kepada wartawan banjarhits.id, Sabtu (25/1/2020).

Loading...

Pihaknya sudah menelusuri dan mengkaji lewat upaya konfirmasi ke Komisioner KPU Banjarmasin pada Kamis 16 Januari. Hasilnya, Subhani mengakui Gusti Makmur memang sibuk bolak-balik ke Banjarbaru untuk urusan pribadi, sehingga perlu menunjuk pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Banjarmasin.

Dari hasil rapat pleno, terpilih Rahmiyati Wahdah sebagai Plh Ketua KPU Banjarmasin. Namun pelaksana harian ketua tersebut hanya tiga hari, setelah itu kembali Ketua definitif, meski Gusti Makmur kerap absen lantaran bolak-balik Banjarmasin - Banjarbaru.

"Ini hasil Informasi saat kami ke sana. Cuma kalau saat ini kami tidak mengetahui apakah yang bersangkutan masih sibuk bolak-balik atau tidak," ucap Subhani.

Selain menelusuri ke KPU, lanjut Subhani, Ketua Bawaslu Banjarmasin Muhammad Yasar, juga mendatangi Polresta Banjarbaru pada Jumat 17 Januari lalu. Saat itu, Yasar bertemu Kapolresta Banjarbaru, AKBP Doni Hadi Santoso.

Kapolresta Banjarbaru dalam keterangannya membenarkan adanya laporan yang masuk di Polresta Banjarbaru atas dugaan tindak asusila yang melibatkan pejabat penyelenggara pemilu Kota Banjarmasin.

"Itu juga untuk memastikan, apakah memang benar ada dugaan kejadian pencabulan seperti yang ramai diberitakan, dan apakah ada laporan dari pihak korban dan/atau keluarganya," timpal Koordinator Divisi Pengawasan, Rahmadiansyah.

Toh, Bawaslu Banjarmasin masih melakukan penelusuran dan kajian. Dari banyak pemberitaan, dapat ditelisik bahwa inisial GM adalah yang saat ini menjabat Ketua KPU Kota Banjarmasin. Hasil penelusuran dan pengkajian, bisa saja sesegeranya akan diteruskan ke DKPP. (**H)


Sumber: kumparan.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar