DPA APBD 2020 tak Kunjung di Serahkan ke Dewan, Sabaruddi : Anggaran Mana yang Mau Kita Kontrol !

  • Jumat, 24 Januari 2020 - 10:00:17 WIB | Di Baca : 280 Kali

 

 

SeRiau-  Meski tahun anggaran 2020 sudah mulai berjalan,  namun ternyata seluruh anggota DPRD Pekanbaru tak kunjung mendapatkan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) untuk APBD Pekanbaru 2020. Padahal, DPA sendiri merupakan bahan penting bagi para anggota dewan untuk mengawal dan mengontrol penggunaan dana APBD Pekanbaru yang notabenenya merupakan uang rakyat. 

Loading...

Agar tidak kecolongan serta penggunaan dana APBD Pekanbaru 2020 bisa tepat sasaran, wakil rakyat di DPRD Pekanbaru meminta berkas atau foto copy DPA untuk rincian dana APBD Pekanbaru 2020. Dari sana bisa diketahui, apakah anggaran yang disusun sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau malah sama sekali tidak pro rakyat.  

Anggota Fraksi PKS DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi mengatakan, sebagai anggota DPRD pihaknya memiliki tugas dan fungsi sebagai budgeting (anggaran), pengawas (controlling) dan legislasi sesuai dengan amanah UU nomor 32 tahun 2004. Dimana, fungsi penganggaran diwujudkan dalam  penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama Pemerintah daerah. 

"Hingga saat ini, sudah masuk ke minggu ketempat bulan Januari, kami sama sekali belum menerima berkas atau copy-an DPA dari Pemko Pekanbaru. Yang mengesahkan APBD 2020 kan anggota dewan periode lalu, jadi kita tidak tau apa saja isi atau rincian anggarannya. Melalui DPA inilah, kita bisa lihat dan cek sehingga bisa diawasi dan dikawal Penggunaan anggarannya," ungkap Sabarudi kepada Iniriau.com, Kamis (23/01). 

Sabarudi menambahkan, pihaknya memberikan warning kepada Pemko Pekanbaru melalui BPKAD Pekanbaru, agar secepatnya menyerahkan berkas DPA kepada seluruh anggota DPRD Pekanbaru  periode 2019-2024.  

"Pokoknya kita tunggu, sebelum akhir Januari ini sudah harus diserahkan Dan dibagikan kepada setiap anggota dewan. Jangan nanti kita meraba-meraba, karena para periode ini hampir separuh lebih merupakan anggota dewan baru," tegas Sabarudi. 

Sejak dua pekan yang lalu, DPRD Pekanbaru melalui komisi-komisi yang ada sudah aktif melakukan pemanggilan terhadap seluruh OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru terkait pelaksanaan APBD Pekanbaru 2020. Hal ini bertujuan,  agar pelaksanaan program kerja pada setiap OPD bisa maksimal dan anggaran yang digunakan bisa tepat sasaran. (***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar