PT Ivo Mas Tunggal (Sinar Mas Grup) Limbahnya Cemari Laut Dumai Dan Rusak Hutan Bakau Disekitarnya

  • Senin, 20 Januari 2020 - 16:15:59 WIB | Di Baca : 1064 Kali
Judul teks : pohon bakau mati akibat tercemar limbah PT Ivo Mas Tunggal (Sinar Mas Grup)

 

 

SeRiau-PembuanganLimbah cair oleh perusahaan yang berada digaris pantai laut Dumai, terus terjadi secara terang-terangan. Kali ini PT Ivo Mas Tunggal yang juga merupakan salah satu perusahaan Sinar Mas Grup gang beroperasi di Lubuk Gaung, Dumai diduga membuang Limbah cair yang langsung mengarah ke laut, sehingga mencemari laut dan pohon bakau yang ada disekitar pembuangan air limbah tersebut.

Loading...

Limbah cair yang berasal dari saluran pembuangan air PT Ivo Mas Tunggal ini, diduga sangat berbahaya dan beracun. Pasalnya dari phon Bakau yang ada disekiarnya terlihat mati mengering seperti habis terbakar.

Dari Pantauan dilapangan, terlihat jelas dari air yang keluar dari saluran pembuangan PT Ivo Mas Tunggal  airnya berbau seperti obat (bau zat kimia). Bahkan, ikan yang biasa banyak terlihat jika pasang, satu ekorpun tak ada nampak terlihat. 

Senelumnya salah seorang warga nelayan yang berada dilokasi, Saryanto mengatakan, pohon bakau yang ada disekitar pembuangan air PT Ivo Mas Tunggal ( Grup Sinar Mas) ini tumbuh dengan suburnya, tetapi setelah ada limbah semuanua jadi mati.

"Pohon Bakau ini mati karena dampak dari limbah PT Ivo Mas ini pak, sebab sebelumnya pohon bakau ini tumbuh subur, saya jadi heran kok dalam beberapa waktu tak lama bisa jadi mati mengering seperti baru habis terbakar, katanya."

"Bukan pohon bakau saja yang mati oleh limbah PT Ivo Mas Tunggal ini, tapi saat ini pun ikan-ikan jadi menjauh karena air laut yang berada dipinggir pantai ikut jadi tercemar, tambah Saryanto."

Terkait masalah limbah ini, General Manager PT Ivo Mas Tunggal (Sinar Mas Grup) Paulus Tumangor beberapa lalu memberikan keterangan kepada media di kantornya di Lubuk Gaung. PT Ivo Mas membantah itu semua dan dirinya pihak perusahaan tidak ada mengkonsumsi limbah cair. 

"Kami perusahaan tidak ada mengolah limbah cair dan apa lagi langsung mengarah ke laut, tapi kami berterima kasih atas laporan ini dan kita perusahaan akan melakukan pengecekan terkait masalah limbah ini, ungkap Paulus."

Paulus menambahkan, bahwa perusahaannya setiap satu bulan sekali rutin melakukan pengecekan sampel limbah dari perusahaannya. Dan dari uji sampel ini, pihak perusahaan juga langsung memberikan sampel laporan hasilnya kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai.

Dari kasat mata pandangan orang normal, ini diyakini limbah cair yang berasal dari PT Ivo Mas Tunggal. Pasalnya dari hasil investigasi dilapangan menguatkan bahwa pohon bakau yang ada disekitar bibir pantai PT Ivo Mas Tunggal menjadi mati seperti habis terbakar karena berasal dari limbah tersebut.

Terkait adanya limbah cair dari saluran pembuangan air milik PT Ivo Mas Tunggal ini, instansi terkait seperti Dinas Linhkungan Hidup (DLH) kota Dumai agar segera turun kelapangan dan melakukan uji sampel. (Dedi Iswandi)


 

 




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar