Selain di China, Perayaan Imlek Terbesar Ada di Dubai

  • Ahad, 19 Januari 2020 - 19:04:17 WIB | Di Baca : 315 Kali

SeRiau - Tahun Baru China atau Imlek sudah pasti dirayakan besar-besaran di negara China. Sebanyak 1,2 miliar rakyat China akan larut dalam hingar bingar perayaan, bertemu sanak keluarga di kampung halaman, hingga berbagai tradisi lainnya.

Ternyata tidak hanya di China, perayaan Imlek juga digelar di negara lain. Tapi siapa kira, perayaan Imlek paling megah di luar China justru diadakan di Timur Tengah, tepatnya di Dubai.

Seperti dikutip dari media Uni Emirat Arab (UEA), Khaleej Times, perayaan Imlek di Dubai diselenggarakan oleh Hala China, perusahaan gabungan antara perusahaan investasi Dubai Holding dan Meraas. Perayaan digelar mulai Jumat (17/1) hingga satu bulan ke depan. Tahun Baru China sendiri jatuh pada 25 Januari mendatang.

Loading...

Perayaan dimulai dari Jalan Al Mustaqbal di City Walk yang kini dihiasi dengan ornamen naga merah dan lampion. Akan digelar parade di jalanan kota Dubai bertemakan Imlek, mulai dari akrobat asal China, para pendekar kung fu, barongsai, hingga tari-tarian khas Negeri Tiongkok.

Ada lebih dari 40 grup penampil, yang terdiri dari warga ekspat China, siswa-siswa sekolah, hingga marching band dari kepolisian Dubai iktu ambil bagian dalam parade tersebut.

Selain untuk menggembirakan 150 ribu warga China yang bekerja di Dubai, perayaan ini diharapkan menarik 50 ribu turis dari Tiongkok ke negara tersebut.

Mohammad Saeed Al Shehhi, anggota Dewan Direksi Hala China, mengklaim ini adalah perayaan Imlek terbesar di luar China. Dia mengatakan bahwa perayaan ini menunjukkan bahwa China adalah mitra dagang terbaik UEA.

"Perdagangan bilateral diperkirakan mencapai lebih dari 250 miliar dirham (Rp 928 triliun), pertanda jelas hubungan kami yang produktif. Sebanyak 680 izin bisnis baru dikeluarkan untuk perusahaan China pada 2019. Lebih dari 200 ribu ekspat China tinggal di UEA," kata Shehhi seperti dikutip .

Li Xuhang, Konsul Jeneral China di Dubai, mengatakan perayaan Imlek di Dubai merupakan ajang yang baik untuk memperkenalkan budaya China di tanah Arab.

"Perayaan Festival Musim Semi China memberikan kesempatan bagi semua orang untuk belajar budaya dan sejarah China, sehingga memberikan pengetahuan budaya yang luar biasa dan integrasi sosial warga kedua negara," kata Xuhang. (**H)


Sumber: kumparan.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar