Masuki Musim Kemarau, BPBD Bersiap Tangani Kebakaran Lahan

  • Rabu, 15 Januari 2020 - 19:31:36 WIB | Di Baca : 4353 Kali

SeRiau - Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru kini mulai bersiap mengantisipasi dan menangani kebakaran lahan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra mengatakan, untuk antisipasi dan penanganan kebakaran lahan itu, pihaknya sejak beberapa hari terakhir telah melakukan koordinasi dengan sejumlah OPD terkait.

"Seperti dengan Dinas Sosial dan DLHK. Ini (koordinasi) untuk memperkuat sinergitas di internal (pemerintah kota)," ungkapnya, Rabu (15/1).

"Kedepan, kita juga akan sowan ke TNI/Polri agar bisa bersama-sama melakukan penanganan. Sekarang kita fokus di internal kita dulu," ulas mantan Camat Payung Sekaki ini.

Selain meningkatkan koordinasi dengan OPD teknis, terang Zarman, pihaknya juga telah mempersiapkan peralatan penanganan mulai dari ketersediaan logistik, kesiapan personel hingga pembagian tugas.

"Personel sendiri sekarang sudah standby dan siap memberikan respon cepat penanganan kebakaran lahan," ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjut pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Tapem Setdako Pekanbaru ini, pihaknya juga bakal membentuk satuan tugas (satgas) yang akan bertugas melakukan pengawasan di kawasan rawan kebakaran lahan.

"Teknisnya nanti ada di bidang kedaruratan yang menangani. Yang jelas, kita sudah siap merespon karhutla," tutupnya. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id





Berita Terkait

Tulis Komentar