Seluruh Warga Sekolah Ikut Partisipasi Pemilihan Ketua OSIS, Dhito Terpilih Jadi Ketua OSIS SMPN 29 Pekanbaru

  • Selasa, 14 Januari 2020 - 23:17:51 WIB | Di Baca : 262 Kali

 

SeRiau,- Setelah melalui pemilihan ketua OSIS yang sangat demokrasi, akhirnya Muhammad Ramadhito (Dhito) bersama pengurusnya lainnya dilantik menjadi ketua OSIS SMPN 29 Pekanbaru masa bakti 2020.

Pelantikan ketua OSIS disaksikan seluruh siswa dan guru langsung dilakukan oleh Kepala SMPN 29 Pekanbaru Zamhuri, Senin (13/1)."  Ya, alhamdulillah tahapan pemilihan OSIS diakhiri dengan pelantikan ketua OSIS terpilih. Mereka akan menjalankan tugas sebagai ketua OSIS mulai januari hingga desember 2020," kata Waka Kesiswaan Emilidar Zulkarnaini. SPd, Selasa (14/1) di Pekanbaru.

Loading...

Waka Kesiswaan yang akrab dipangil Mimi ini mengatakan, sebelum pelantikan ketua OSIS, terlebih dahulu dilakukan proses penjaringan calon ketua OSIS. Setiap kelas VIII mengirimkan utusan untuk dicalonkan sebagai ketua OSIS hingga terjaring 5 pasang calon yang lulus seleksi administrasi. Selanjutnya, kata Mimi, lima pasang calon ini akan mengikuti debat. Materi debat berupa pertanyaan kepada calon ketua OSIS dilakukan oleh guru.

" Dari hasil debat ini, terpilih 3 pasang calon yang akan mengikuti seleksi pemilihan ketua OSIS selanjutnya. Ketiga pasang calon tersebut yakni pasangan urut 1 Fahrel Abdurrafi-Neyna Marsyahid. Pasangan urut 2 Faiz Majid- Camila Ahkwa Shalbya Zega dan pasangan urut 3 Muhammad Ramadhito- Dina Azzahra," kata Mimi

Setelah proses debat, kata Mimi, tiga pasang calon ini menyampaikan visi dan misinya. Setelah memaparkan visi misi dilanjutkan dengan tahapan pemilihan. Hebanya, pemilihan yang dilakukan persis kayak pemilihan umum seperti model kertas suara, kota suara, bilik suara dan lain sebagainya." Seluruh warga sekolah mempergunakan hak suaranya mulai dari kepala sekolah, guru, TU sekurity dan siswa ikut berpatisipasi menentukan calon ketua OSIS. Hasilnya, pasangan urut satu memperoleh suara 178, pasangan urut nomor 2 memperoleh 51 suara  dan pasangan urut 3 meraih suara 249 dan suara tidah sah 8," kata Mimi.

Mimi menambahkan, pemilihan ketua OSIS SMPN 29 Pekanbaru dilakukan seperti pemilihan umum dengan tujuan agar siswa tahu secara langsung proses pembelajaran pemilihan umum secara demokrasi. Ini artinya, siswa tidak hanya mendengar dan melihat saja, tetapi siswa langsung mempraktek proses pemilihan OSIS seperti pemilihan umum." Kami buat pemilhan ketua OSIS ini sama dengan pemilihan umum dan ini juga masuk dalam materi pembelajaran di sekolah," sebut Mimi (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar