KPK Ungkap Korupsi Wahyu Setiawan, Pengamat: Pembusukan Demokasi Karena Ulah Parpol

  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 21:50:18 WIB | Di Baca : 1075 Kali

SeRiau - Keberhasilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengungkap dugaan main mata, antara PDI Perjuangan dengan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan masih jadi perbincangan hangat.

Analis politik Exposit Strategic Arif Susanto, yang menilai kasus korupsi pergantian antar waktu (PAW) caleg PDI Perjuangan Dapil Sumatra Selatan I sebagai pembusuka sistem demokrasi.

"Aktor utama pembusukkan demokrasi ini tidak bisa tidak adalah parpol. Saya tidak mengatakan KPU tidak terlibat, tapi tunggu dulu," ujar Arif dalam diskusi publik bertajuk "Suap KPU dan Peluangnya dalam Pilkada 2020" di kantor JPPR, Jalan Manggarai Utara, Jakarta Pusat,  Sabtu (11/1).

Lebih lanjut, Arif membuktikan pembusakan demokrasi oleh Parpol dengan menyebut 60 persen kasus korupsi diranah Parpol.

"Korupsi politik itu pelakunya punya kaitan dengan parpol terutama ada dua , nomor satunya adalah kepala atau wakil kepala daerah juga mungkin bupati, wali kota, gubernur dan wakilnya," jelasnya

"Dan yang kedua adalah anggota DPR, dari mulai DPRD kabupaten kota sampai pada DPR pusat. Mereka semua jelas saja sejak pencalonan mewakili parpol," dia menambahkan. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar