DLH/ Debu PT Semen Padang Sangat Berbahaya Untuk Kesehatan Tim Akan Turun Menyelidikinya

  • Jumat, 10 Januari 2020 - 11:02:11 WIB | Di Baca : 273 Kali
Pabrik PT Semen Padang Biro Produksi Wilayah Dumai Yang Dekat Dengan Pemukiman Warga

 

 

SeRiau- Terkait dengan keresahan warga di Bangsalaceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau masalah debu dari PT Semen Padang Biro Produksi Wilayah Dumai ini dianggap sangat berbahaya untuk kesehatan.

Loading...

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai, Satrio Wibowo menilai debu yang berasal dari PT Semen Padang yang berterbangan ini adalah sangat berbahaya jika terhirup. Karena jangan debu semen, debu kerikil saja yang terhirup pasti membuat pernafasan dan organ tubuh jadi terganggu.

"Wajar saja warga di Bangsalaceh menjadi resah atas berterbangannya debu dari PT Semen Padang ini, jika itu terhirup pastilah ada perobahan dari saluran pernafasan terutama bahagian tenggorokan yang terasa ada ganjalan, ungkap Kepala Dinas DLH saat ditemuai dalam menghadiri acara Penanaman pohon oleh Polres Dumai di Jalan Air Bersih Jumat (10/01/2020)."

"Jangan debu semen, debu pasir saja yang terhirup oleh tubuh kita pasti dapat dirasakan sakitnya atau ada rasa ganjalan dibahagian pernafasan kita, tambah Satrio."

Debu yang meresahkan warga di Bangsalaceh, kecamatan Sungai Sembilan ini, hendaknya pihak perusahaan peduli akan keselamatan dan kesehatan warga, khususnya warga yang tinggal berdekatan langsung dengan perusahaan.

"Kita berharap pihak perusahaan lebih peka dab jeli melihat apa permasalahan yang dibutuhkan atau yang diinginkan warga sesungguhnya. Ya memang perusahaan melalui CSR nya rutin memberikan bea siswa, tapi dampak lingkungan dari debu ini harus ditangani juga secara serius, tandasnya lagi."

"Memang saat ini untuk pengecekan debu ini, DLH Kota Dumai tak ada memiliki alatnya. Peralatan ini cuman ada di Propinsi, Namun kami tetap respon apa keluhan warga dan kita nanti akan turun dan cek kelapangan semacam apa permasalahan dari debu semen ini menimpa warga Bangsalaceh, imbuhnya."

Selama ini terkait debu Semen Padang ini, memang DLH tidak tahu zat atau partikel berbahaya apa yang dikandungnya. Tapi yang jelas yang namanya Debu apalagi debu Semen itu dari pandangan kasat mata sangat berbahaya bagi kesehatan. (Dedi Iswandi)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar