Batalkan Kemenangan M Yusuf, Para Senior Sebut Keputusan PWI Riau Ganjil

  • Kamis, 09 Januari 2020 - 14:47:24 WIB | Di Baca : 1301 Kali

 

 

SeRiau- Sejumlah anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) senior di Kabupaten Inhil mengaku kecewa akan putusan PWI Provinsi Riau yang membatalkan kemenangan M Yusuf selaku ketua sah yang terpilih dalam konferensi PWI Inhil (5/10/2019) yang lalu.

"Organisasi ini sudah dijalan tidak sesuai koridor yang berlaku.Terus terang kita malu melihat kelakuan oknum PWI Provinsi Riau yang mau di intervensi oleh orang yang memang tidak ingin PWI di Inhil kuat dan berwibawa," ujar Zulfadli, kepada wartawan, Kamis, (09/01/2019).

Masih menurutnya, sepanjang yang ia ketahui, kalaupun ada Konferkab Luar Biasa pastinya dengan alasan yang sangat jelas. Pertama, karena Ketua atau Ketua terpilih tersandung kasus hukum yang sudah berkekuatan tetap, kedua yang bersangkutan meninggal dunia atau mengundurkan diri.

"Dari semua kriteria itu, yang mana terpenuhi?. Kalaupun ada pelanggaran organisasi yang dilakukan oleh ketua terpilih M Yusuf, apa benar ada aturan yang langsung menggagalkan kemenangan yang sudah terpilih. Apalagi yang dilakukan ketua terpilih dalam rangka membela nasib kawan-kawan dan kepentingan organisasi," tambah Zul.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rosita anggota PWI senior lainnya, ia berjanji akan menggalang dukungan untuk menolak dilaksanakan Konferkab ulangan. Selain melanggar PD/PRT, ini juga bentuk dari penzaliman kepada PWI Inhil.

"Keputusan PWI Provinsi mengecewakan. Sepatutnya mereka membina anggota dibawah, bukan malah sebaliknya," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Markoni, bahkan ia menyebut langkah PWI Riau sangat ganjil, mengingat yang dijadikan acuan untuk membatalkan kemenangan Ketua Terpilih hanya sebatas laporan yang tidak ada konsekuensi hukum.

Masih menurutnya, kalau prosedur sesuai Kode Perilaku Wartawan PWI yg ada, keputusan DK PWI Riau baru Rekomendasi Peringatan Keras, bukan membatalkan kemenangan ketua terpilih.

"Nyambung nya dimana coba?. hanya berdasarkan laporan seseorang, terus diberi peringatan keras oleh Dewan Kehormatan (DK) PWI Riau, lalu, tiba tiba kemenangan sebagai ketua PWI dibatalkan. Begitu mudahnya PWI Provinsi Riau membuat keputusan," tandasnya. 

Untuk diketahui, PWI Provinsi Riau menunjuk H Novrizon Burman sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI Kabupaten Inhil. Keputusan ini berdasarkan rekomendasi DK PWI Riau dan rapat pengurus harian PWI Riau, Selasa (7/1/2020), dipimpin langsung oleh Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang.

Padahal sebelumnya pada pelaksanaan konferensi pemilihan ketua PWI Inhil di Hotel IP, M Yusuf berhasil mendulang suara terbanyak sehingga ia diputuskan sebagai ketua PWI Inhil terpilih usai mengalahkan petahana Indra Efendi. Bahkan kemenangan M Yusuf saat itu disaksikan langsung perwakilan PWI pusat dan provinsi.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar