Belasan Orang Diperiksa KPK Terkait OTT Bupati Sidoarjo

  • Rabu, 08 Januari 2020 - 05:58:18 WIB | Di Baca : 110 Kali

SeRiau - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) perdana di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/1). Berdasar informasi, salah satu pihak yang turut ditangkap merupakan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, setelah operasi senyap belasan orang diperiksa di Mapolda Jatim untuk pemeriksaan awal. "Saat ini belasan orang dimintai keterangan di Mapolda Jatim," kata Firli dalam pesan singkatnya, Rabu (8/1).

Diduga, Saiful Ilah dan sejumlah pihak lain dibekuk lantaran diduga terlibat dalam transaksi ilegal. Transaksi itu berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Loading...

Plt Jubir KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan Saiful Ilah dan sejumlah pihak lain dibekuk lantaran diduga terlibat dalam transaksi ilegal. Transaksi itu berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

"Terkait pengadaan barang dan jasa," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Namun, Ali masih enggan membeberkan identitas para pihak yang diamankan. Termasuk ihwal uang dan barang bukti yang diamankan.

Ali berjanji informasi lengkap mengenai OTT ini akan disampaikan dalam konferensi pers pada Rabu (8/1) sore. "Informasi selengkapnya akan disampaikan ketika konferensi pers," katanya.

OTT ini merupakan operasi senyap perdana yang dilakukan KPK di era Pimpinan KPK Jilid V yang dilantik Presiden Jokowi pada 20 Desember lalu. Tak hanya itu, OTT ini juga perdana sejak UU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK berlaku pada 17 Oktober 2019 silam.

Diketahui, KPK terakhir kali melancarkan OTT pada pertengahan 2019 lalu. Saat itu, dalam tempo tiga hari berturut-turut yakni pada Senin (15/10) hingga Rabu (17/10). Dari tiga OTT itu, KPK menangkap dan menersangkakan Bupati Indramayu, Supendi, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XII, Refly Ruddy Tangkere serta Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar