Gerindra Puji Respons Pemerintah soal Banjir, PDIP Kritik Anies

  • Jumat, 03 Januari 2020 - 18:54:59 WIB | Di Baca : 1066 Kali

SeRiau - Partai Gerindra memuji respons pemerintah pusat ataupun daerah dalam menangani banjir DKI Jakarta. Sementara itu, PDIP mengkritik langkah Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta.

Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengimbau elite politik menghindari perdebatan yang tak perlu terkait penanganan banjir Jakarta. Menurutnya, langkah pemda ataupun pemerintah pusat untuk menangani banjir Jakarta sudah baik.

"Respons pemerintah DKI, pemerintah pusat, Polri, serta BUMN secara umum saya nilai sudah sangat bagus. Sebagai wakil rakyat dapil Jakarta Timur, saya ikut berkeliling memantau situasi dan memberikan bantuan. Intinya kebutuhan darurat warga bisa di-cover secara gotong-royong oleh berbagai instansi tersebut, ditambah lagi berbagai ormas seperti FPI juga turun tangan membantu," kata Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat (3/1/2020).

Sementara itu, politikus PDIP, Nusyirwan Soejono, menyebut Anies Baswedan tidak bijak menanggapi banjir di daerah yang dipimpinnya. Nusyirwan menyebut Anies sama sekali tidak melakukan antisipasi.

"Apakah Gubernur DKI harus menunggu dulu penanganan wilayah selatan di atasnya untuk penanganan banjir meskipun faktor sampah DKI juga dominan menjadi penyebab banjir-banjir. Sebagai pemimpin sangat tidak bijak," sebut Nusyirwan.

"Kesalahan fatal penanganan banjir DKI/Jabotabek yang selalu terjadi hingga saat ini adalah keputusan, kebijakan, dibuat pada saat sedang terjadi banjir, tidak dilakukan antisipasi sebelum banjir seperti persoalan lahan normalisasi yang tidak ditangani serius oleh pemda DKI," imbuh dia.

Anies sebelumnya menyebut penyelesaian masalah banjir secara jangka panjang harus dilakukan secara lebih komprehensif terutama pengendalian air di kawasan hulu. Hal yang dia contohkan membangun dam, membangun waduk, membangun embung. Dengan demikian, ada kolam-kolam retensi untuk mengontrol dan mengendalikan volume air yang bergerak ke arah hilir. Tapi, menurut Anies, kewenangan atas hal itu bukan di tangan Pemprov DKI.

"Dengan cara seperti itu insyaallah, tapi itu semua kewenangannya di pusat kan ya, jadi kita lihat nanti pemerintah pusat. Kami di Jakarta fokus kepada memastikan keselamatan warga, memastikan pelayanan terjamin. Dan bagi semua warga yang terdampak akan kami bantu semaksimal mungkin," ucapnya. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar