Beda Pendapat Anies dan Basuki soal Cara Atasi Banjir Jakarta

  • Rabu, 01 Januari 2020 - 19:27:43 WIB | Di Baca : 1137 Kali

SeRiau - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, Jakarta akan terbebas dari banjir jika Pemprov DKI Jakarta selesai menormalisasi Sungai Ciliwung. Namun menurut Basuki, proses normalisasi itu seringkali mendapat kendala.

“Kendala normalisasi pasti harus ada, karena lebarnya sudah sempit, lebarnya berkurang. Kalau lihat sekarang itu rumah bukan bantaran, tapi di palung sungai,” kata Basuki usai meninjau banjir di Jakarta via udara di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/1).

“Ini bukan hal yang mudah. Ini keahlian beliau (Anies) untuk persuasif. Tanpa itu, pasti akan menghadapi kejadian berulang (banjir) seperti ini,” sambungnya lagi.

Namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meninjau banjir bersama Basuki memiliki pendapat yang berbeda.

Anies mengatakan Jakarta akan terus mengalami banjir jika kawasan selatan (Bogor dan Depok) tidak mengontrol pengiriman air. Normalisasi Sungai Ciliwung pun dinilai Anies tak ada artinya tanpa kontrol tersebut.

“Mohon maaf Pak Menteri saya harus berpandangan karena tadi bapak menyampaikan pandangan,” kata Anies. 

“Selama air dibiarkan dari kawasan selatan masuk ke Jakarta dan tidak ada pengendalian dari selatan, maka apa pun yang kita kerjakan di kawasan pesisir termasuk di Jakarta tidak akan bisa mengendalikan airnya,” ujar Anies.

Anies memberi contoh normalisasi Sungai Ciliwung yang terbukti tidak berpengaruh terhadap banjir. Kejadiannya terjadi pada Maret lalu, tepatnya ketika muka air bendungan Katulampa tinggi dan menyebabkan banjir kiriman ke Jakarta.

“Kita sudah menyaksikan bulan Maret yang lalu di kawasan Kampung Melayu yang sudah dilakukan normalisasi itu pun mengalami banjir ekstrem,” kata Anies.

“Artinya kuncinya itu ada pada pengendalian air sebelum masuk ke kawasan pesisir,” ujar Anies.

Anies berharap proyek PUPR yang membangun dua bendungan di kawasan Selatan, yakni Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, bisa membantu pengaturan air kiriman ke Jakarta.

“Kita bersyukur bahwa sekarang Kementerian PUPR sedang menyelesaikan dua bendungan dan kalau dua bendungan itu selesai maka volume air yang masuk ke kawasan pesisir bisa dikendalikan,” kata Anies.

“Kalau volume air yang masuk ke kawasan pesisir bisa dikendalikan insyaallah kita terbebas dari banjir,” ujar Anies. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar