Balas Dendam Kematian Baghdadi, ISIS Eksekusi 11 Orang Nigeria

  • Sabtu, 28 Desember 2019 - 06:27:19 WIB | Di Baca : 82 Kali

SeRiau - ISIS merilis sebuah video yang menunjukkan eksekusi 11 orang Kristen di Nigeria bagian timur laut. Video itu dibuat oleh jihadis Islamic State West African Province (ISWAP) yang berafiliasi dengan ISIS.

Rekaman video online yang diunggah pada Kamis (26/12) itu memperlihatkan 11 orang ditutup matanya, ditembak, dan ditikam oleh para jihadis ISWAP di sebuah lokasi yang dirahasiakan.

"Ini adalah pesan untuk orang-orang Kristen di seluruh dunia," kata seorang pria bertopeng dalam video satu menit itu, seperti dilansir APF, Sabtu (28/12).

Loading...

Jihadis itu mengklaim eksekusi ini sebagai balasan atas kematian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, Oktober lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir, jihadis ISWAP mengintensifkan serangannya terhadap orang Kristen, personel keamanan, hingga tim bantuan kemanusiaan.

Pada Minggu (22/12), para jihadis ISWAP membunuh enam orang dan menculik lima orang, termasuk dua pekerja bantuan kemanusiaan saat mencegat kendaraan bantuan di jalan raya di pinggiran Maiduguri, ibu kota negara bagian Borno.

ISWAP merupakan kelompok jihadis pimpinan Boko Haram. Boko Haram adalah teroris yang menjadi momok menakutkan di wilayah Afrika barat, khususnya di Nigeria dan beberapa negara tetangganya. 

Wilayah operasi Boko Haram berada di negara bagian Borno, Yobe, dan Adamawa, sejak sembilan tahun lalu. Serangan berdarah Boko Haram telah merenggut 27 ribu jiwa dan membuat 1,8 juta warga mengungsi. (**H)


Sumber: kumparan.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar