Kantor Wali Kota Tenayan Raya Pakai Sistem PJU Smart

SeRiau - Sebanyak 65 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) smart system akan menerangi perkantoran terpadu Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya. Pemilihan PJU ini disebut Walikota Pekanbaru Dr H Firdus ST MT merupakan langkah pasti dari Pemko Pekanbaru menjadi Kota Cerdas. 

"Penggunaan lampu Smrat ini adalah memanfaatkan teknologi yang smart pula. Jadi tidak ada yang mubazir dalam pemanfaatan energi ini, karena kontrol penuh bisa dilakukan dari jarak jauh. Ini teknologi smrat yang kita gunakan," terang Firdaus.

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana (KTSP) Dishub Pekanbaru Tengku Ardi Dwisasti mengatakan, kini pemasangan tiang PJU smart system yang merupakan inovasi perdana di Riau itu sudah tuntas 100 persen.

"Kita targetkan pekan ini sudah menyala karena tinggal mengalirkan listrik PLN saja lagi," ujarnya, Selasa (14/10/2019).

Pemasangan PJU smart system, terang Ardi, bertujuan menghemat pemakaian listrik sehingga tagihan listrik PJU per bulannya tak lagi membenani APBD Pemerintah Kota Pekanbaru.

Melalui PJU smart system ini, kita bisa tahu berapa pemakaian energinya. Untuk cahaya juga bisa diredupkan melalui hanphone atau perangkat lain yang terhubung. Apalagi, di Tenayan Raya itu warganya kan tidak terlalu ramai, jadi nanti mungkin tidak semua PJU dinyalakan, artinya disesuaikan saja, jadi bisa hemat," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Ardi, pihaknya juga bisa memonitor dan mengontrol pemakaian listrik PJU smart system dari jarak jauh.

"Baik menggunakan hanphone, komputer ataupun jenis perangkat lain," tutupnya.(adv)



Berita Terkait

Tulis Komentar