Anies Kalahkan Ridwan Kamil dalam Pemilihan Ketum APPSI

  • Selasa, 26 November 2019 - 18:50:14 WIB | Di Baca : 930 Kali

SeRiau - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023 mengalahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pemilihan itu berlangsung dalam Musyawarah Nasional APPSI Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11).

Anies terpilih usai dua kali pemungutan suara atau voting. Voting dilakukan karena musyawarah tak mencapai mencapai titik temu. Pemungutan suara melibatkan 23 daerah karena 11 daerah lainnya tak diwakili oleh gubernur, melainkan perwakilan.

Dalam proses voting, Anies mengalahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan suara 13 berbanding 9. Sementara satu orang gubernur abstain.

Ia pun akan menjabat sebagai Ketua Umum APPSI menggantikan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Longki menjadi ketua umum sementara menggantikan Soekarwo yang telah menyelesaikan jabatan sebagai Gubernur Jawa Timur.

Usai terpilih, Anies menyampaikan terima kasih atas dukungan beberapa kepala daerah. Dia berjanji fokus menjalankan sepuluh program kerja yang dirumuskan dalam kesempatan tersebut.

"Saya sampaikan ke semua ini sebuah kehormatan dan saya sampaikan ini fardu kifayah; kalau ada yang sudah melakukan maka terbebas. Saya katakan insyaallah akan melakukan tugas sebaik-baiknya aspirasi yang banyak disampaikan tadi," tutur Anies saat ditemui usai Munas APPSI.

APPSI adalah asosiasi koordinasi antar-pemprov yang didirikan 6 Juni tahun 2000 di Jakarta. Anggota APPSI adalah pemerintah provinsi yang diwakili oleh gubernur dari 34 wilayah provinsi di Indonesia.

Selain pemilihan ketua umum baru, Munas APPSI 2019 juga diisi dengan arahan dari Mendagri Tito Karnavian. Selain itu ada pembahasan soal rancangan kerja APPSI selama empat tahun ke depan.

Selain Anies, beberapa Gubernur ternama juga menghadiri acara ini, seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa, dan Gubernur Kaltim Isran Noor. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar