Rumah Kreatif BUMN Pertamina Akan Jadi Ikon Kota Dumai Dalam Bidang Pengembangan UMKM

  • Jumat, 22 November 2019 - 11:11:31 WIB | Di Baca : 685 Kali
Teks foto : wakil walikota dan gm pertamina pemotongan pita rumah kreatif UMKM

 

 

 

Loading...

 

    

SeRiau- Untuk mengembangkan roda perekonomian dalam bidang  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang begitu maju pesat. Dari data yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sudah mencapai angka 90 persen untuk seluruh Indonesia.

 

Untuk menjawab tantangan itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama dengan perusahaan BUMN sejak 2016 mensiasati program bertajuk Rumah Kreatif BUMN (RKB) di berbagai lokasi di Indonesia, tak terkecuali di Kota Dumai. Berada di bawah koordinasi PT Pertamina RU II Dumai, RKB Dumai yang berdiri di kawasan SPBU Pertamina Puteri Tujuh Dumai kini telah siap menjadi rumah bagi para pelaku UMKM Kota Dumai dalam mengembangkan bisnisnya.

 

Pada acara Soft launching RKB Dumai yang dilaksanakan pada hari Kamis (21/11/2019) dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE dan General Manager Pertamina RU II Dumai, M. Dharmariza. GM Pertamina RU II, M Dharmanza mengatakan usai peresmian, program RKB hadir untuk menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk masing-masingnya mengembangkan diri yang lebih jauh dalam menggerakan roda perekomomian khusunya di kota Dumai..

 

Sehingga, para pelaku UMKM nantinya dapat memiliki daya saing dan kemampuan untuk menjawab tantangan perkembangan industri yang begitu maju pesat dalam Era Globalisasi saat ini. Saat sekarang, sudah terdapat lebih dari 200 RKB di seluruh Indonesia. Khusus untuk Pertamina mengelola 29 RKB di berbagai titik di Indonesia, termasuk di Kota Dumai. 

 

"RKB ini hadir di masyarakat untuk memajukan dan menghidupkan geliat dunia UMKM di Indonesia. Nantinya akan dilaksanakan beberapa macam kegiatan di lokasi ini. Nantinya di RKB ini selain menyediakan fasilitas juga akan memberikan  ruang kelas dan diskusi para pelaku UMKM agar dapat mengikuti berbagai macam bentuk pelatihan yang berbasis bisnis dari pengembangan produknya hingga sampai kedalam cara pemasarannya," kata Dharmariza. 

 

Dalam lonching RKB yang dilaksanakan di SPBU petamina Puteri Tujuh, ini sengaja dipilih dengan alasan selain sebagai lokasi bisnis Pertamina, dan letak posisinya  yang tepat berada di jantung Kota Dumai, diharapkan kedepannya hendaknya RKB Dumai dapat lebih dengan mudah untuk diakses oleh para pengunjung dan masyarakat yang membutuhkannya. 

 

"Kita semua mengharapkan RKB Dumai ini menjadi sebagai selling point produk UMKM Kota Dumai untuk dapat lebih mudah diakses oleh warga Dumai maupun para pendatang. Dengan demikian, tentu sedikit banyaknya akan dapat membantu para pelaku UMKM yang bergabung dengan RKB Dumai khususnya dalam hal penjualan produk," tambah Dharmariza. 

 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo memberitahukan tentang keberadaan RKB Dumai yang tentu kedepannya menjadi penunjang level atas program pemerintah yang selama ini juga dijalankan untuk mengembangkan UMKM. 

 

Sebelumnya Pemerintah Kota Dumai telah menjalankan dan memberikan berbagai macam pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM. Sejalan dengan peningkatan kapasitas tersebut, kehadiran RKB Dumai ini dapat menjadi suatu kemajuan bagi para pelaku usaha yang selama ini masih terganjal dan sulit dalam untuk memasarkan sejumlah produknya. 

 

"Acungan jempol dan sukses Luar biasa untuk Pertamina yang sudah menjalankan dan memulai menyediakan outlet bagi UMKM Kota Dumai. Sehingga langkah-langkah seperti ini dapat diakui serta diikuti oleh pihak lainnya sehingga terjadinya  sinergi yang lebih baik dan berkelanjutan untuk kedepannya," ungkap Eko. (Dedi Iswandi)

 

 




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar