Pimpinan KPK Klaim Sudah Cegah Abdul Somad Isi Tausiah

  • Rabu, 20 November 2019 - 20:35:01 WIB | Di Baca : 919 Kali

 

SeRiau - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengungkapkan pimpinan KPK sempat mencegah kehadiran Abdul Somad mengisi materi ceramah di lembaganya. Saran itu menurut dia disampaikan oleh para pimpinan KPK.

Pernyataan Agus merespons pertanyaan mengenai kedatangan Abdul Somad mengisi tausiah di KPK pada Selasa (19/11). Ia pun mengklarifikasi, kehadiran pendakwah asal Riau itu bukan diundang secara kelembagaan.

"Jadi ada beberapa staf yang pada waktu itu kajian zuhur mengundang ustaz Somad. Bahkan sebelumnya, malamnya diberitahu, sebetulnya pimpinan sudah mencegah," jelas Agus saat ditemui di Kantor Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (20/11).

"Bukan mencegah kapasitas ustaz Abdul Somad, tapi kan beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi ya mengenai beliau," lanjut dia lagi.

Pimpinan KPK, kata dia, bukan bermaksud melarang. Pimpinan hanya menginginkan khotbah di lembaganya diisi oleh sosok yang tidak berafiliasi oleh kelompok tertentu atau juga tak memiliki kepentingan tertentu. 

"Kami mengharapkan kalau yang khotbah di KPK itu orang yang inklusif, orang yang tidak berpihak pada aliran tertentu. Harapan kami semuanya begitu," sambung dia.

Ia pun menerangkan kedatangan Abdul Somad atau yang kerap disapa dengan sebutan UAS itu atas undangan Badan Amil Islam KPK (BAIK).

"Kami juga sudah [bilang] jangan, jangan diundang. Karena beliau beberapa waktu lalu kan pernah ada kontroversi," tutur Agus. 

Imbauan itu disampaikan pada malam sebelum hari Abdul Somad berceramah. Tapi faktanya keesokan harinya UAS tetap hadir. 

"Ya itu nanti kepada pegawainya, kami periksa."

Kegiatan itu berbeda dengan kedatangan KH Ahmad Muwafiq pada Rabu (20/11) hari ini. Menurut Agus acara yang dihadiri Gus Muwafiq telah dibahas jauh-jauh hari dan merupakan program resmi Pimpinan KPK.

"Yang ini memang sudah direncanakan pimpinan sejak lama. Kalau yang kemarin, ada beberapa orang yang mengundang kajian zuhur, kemudian sebetulnya tidak disetujui pimpinan," ungkap dia lagi.

Pada Selasa (19/11) kemarin, Abdul Somad memberikan tausiah ke pegawai dan pimpinan di Gedung Merah Putih KPK. Dia mengatakan menyampaikan materi tentang integritas penegak hukum terutama soal korupsi dari sudut pandang Islam.

Somad juga mengklaim turut memberi dukungan moral terhadap seluruh elemen di lembaga antirasuah tersebut. Kata dia, apa yang telah dikerjakan KPK sudah sesuai dengan ajaran Islam. 

 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar