Selain Kuliner, Ini Produk Unggulan SMAN 4 Saat Tampil di Bazar Kewirausahaan Program Sekolah Zonasi

  • Selasa, 12 November 2019 - 23:20:42 WIB | Di Baca : 637 Kali

 

SeRiau,- SMAN 4 Pekanbaru mengelar Bazar Kewirausahaan dan Pentas Seni Program Zonasi Sekolah. Kegiatan yang dipusat di halaman sekolah ini menampilkan berbagai produk ungukan sekolah hasil karya siswa.

" Selain kuliner makanan dan minuman, ada beberapa produk unggulan yang ditampilkan saat Bazar Kewirausahaan dan Pentas Seni Program Sekolah Zonasi," kata Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj. Yan Khoriana.MPd, Selasa (12/11) di sela kegiatan.

Loading...

Adapun produk unggulan yang ditampilkan yakni Pengolahan  Daun Ketapang Jadi Briket. Pembuatannya, diawali dengan pembakaran daun kering, penghalusan arang, pembuatan lem kanji, campuran arang daun dan lem kanji. Terakhir prosesnya pencetakan briket. Selain, pengolahan briket, produk unggulan siswa lainnya, kata Khori, berupa hasil kerajinan anyaman piring dari rotan. Budidaya tanaman jamur dan hidroponik serta banyak lagi unggulan lainnya dihasilkan oleh siswa. 

Menurut Khori, sebagai sekolah zonasi yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan Nasional RI, SMA  Negeri 4 Pekanbaru harus ada program Bazar Kewirausahaan Sekolah Zonasi. Bazar kewirausahaan mengundang sekolah imbas SMAN 4 Pekanbaru yakni SMAN 13 Pekanbaru, SMAN 14 Pekanbaru, SMAN 15 Pekanbaru dan  SMAN 16 Pekanbaru. Hanya satu sekolah imbas yang tak hadir yakni SMA Swasta Plus Terpadu. 

Kegiatan bazar kewirausahaan ini bertujuan salahsatunya untuk menumbuhkan kembangkan jiwa enterprenuar kepada siswa.  Kegiatan ini juga untuk memberikan ruang kreativitas dan inovasi siswa dalam menghasil produk siswa." Ya  sekaligus pembelajaran bagaimana strategi berwirausaha agar bisa mandiri," kata Khori.
 
Hadir dalam kegiatan bazar kewirausahaan dan pentas seni Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma.TNI Ronny Irianto Moningka, Koordinator Pengawas Disdik Riau, Joyosman, kepala sekolah imbas, SMAN 13, SMAN 14, SMAN 15 dan SMAN16 Pekanbaru, MKKS SMAN Kota Pekanbaru dan orangtua siswa.

Selain bazar kewirausahaan sekolah zonasi, SMAN 4 juga memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Kegiatan ini ditandai dengan pelepasan 4 burung ketitiran sebagai bukti bahwa peserta didik harus menjaga dan melestarikan satwa. 

Sementara itu kepala sekolah Imbas SMAN 15 Pekanbaru Dra.Hj. Elmi Gurita.MPd mengatakan ikut serta dalam kegiatan bazar kewirausahaan yang merupakan salah satu program sekolah zonasi. Manfaatnya, untuk memperkenalkan dunia usaha kepada peserta didik saat dibangku sekolah sudah dibekali keterampilan membuat atau memproduksi serta memasarkannya." Dengan mengikuti kegiatan bazar kewirausahaan diharapkan peserta didik akan termotivasi untuk menjadi pengusaha," katanya (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar