Desak RUU Praktik Kefarmasian, Ikatan Mahasiswa Farmasi Demo Ke DPR RI

  • Selasa, 12 November 2019 - 21:16:24 WIB | Di Baca : 2872 Kali

 

 

SeRiau- Sekitar seratusan orang mahasiswa yang yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi (ISMAFARSI) Indonesia, menggelar aksi di depan gerbang DPR RI, Selasa (12/11/19). 

Mereka mendesak agar RUU Praktik Kefarmasian segera masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dan segera disahkan menjadi Undang-Undang. 

Dalam tututannya para mahasiswa tersebut menyatakan bahwa selama ini profesi kefarmasian belum mempunyai payung hukum yang jelas dan kuat dalam bentuk undang-undang.

Dalam kesempatan itu mahasiswa meminta anggota DPR RI untuk menemui mereka dan menyampaikan sikap terhadap desakan RUU Praktik Kefarmasian. 

Aspirasi mahasiswa ini diterima langsung oleh Anggota DPR RI, Chairul Anwar didampingi Ketua Umum PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Nurul Falah.

Dalam sambutannya itu, Chairul mengucapkan terima kasih kepada pada mahasiswa karena telah datang memperjuangkan waktu serta tenaga untuk memperjuangkan nasib masyarakat Indonesia. 

"Insha Allah saya akan memperjuangkan aspirasi teman-teman mahasiswa, karena saya menyadari bahwa selama ini belum ada payung hukum yang kuat profesi kefarmasian dalam menjalankan profesinya,” ungkap anggota DPR yang juga bergelar Apoteker ini.

Chairul juga menyatakan dalam RUU Praktik Kefarmasian nanti akan diatur beberapa hal diantaranya bagaimana teknis perlindungan dan peningkatan profesionalitas tenaga kefarmasian. 

“Karena profesi farmasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Jika RUU ini di sahkan tentunya diharapkan masyarakat akan mendapatkan manfaat yang besar,” jelas politisi PKS asal Riau ini. 

Lebih lanjut Chairul menjelaskan akan berkomunikasi dengan anggota DPR RI yang lain agar RUU Praktik Kefarmasian masuk  dalam Prolegnas Prioritas 2020. 

“Saya akan berkoordinasi dulu dengan teman-teman anggota DPR yang dari Komisi IX dan Badan Legislasi agar bisa memperjuangkan bersama RUU Praktik Kefarmasian ini. Mudah-mudahan bisa diperjuangkan," ungkapnya saat berbicara di depan gerbang Komplek Parlemen RI. [Rls]





Berita Terkait

Tulis Komentar