Siswa SMAN 15 Jalankan Kegiatan Belajar Sehari di Luar Kelas

  • Jumat, 08 November 2019 - 01:16:29 WIB | Di Baca : 464 Kali

 

SeRiau,- Proses kegiatan belajar mengajar di SMAN 15 Pekanbaru, Kamis (7/11) pagi sedikit berbeda dengan kegiatan belajar mengajar pada hari biasanya. Dimana, sekolah yang berada di Jalan Cipta Karya Kelurahan Sialang Mungu ini belajar di luar kelas. Rupanya, sekolah sedang menjalankan program Belajar Sehari di Luar Kelas himbauan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

" Ya, satu hari ini saja siswa kita diharuskan belajar di luar kelas. Dan ini salah satu program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI," kata Kepala SMAN 15 Pekanbaru Dra.Hj. Elmi Gurita.MPd Kamis (7/11) di Pekanbaru.

Loading...

Program Belajar Sehari di Luar Kelas, kata Elmi Gurita, merupakan salah satu bentuk pengembangan sekolah ramah anak melalui sehari belajar di luar kelas. Pelaksanaan sehari belajar di luar kelas juga merupakan salah satu kegiatan memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh tanggal 20 November setiap tahunnya. Elmi mengatakan kegiatan belajar sehari di luar kelas diawali menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam sapa) ketika masuk sekolah. Setelah itu, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa bersama sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orangtua, berdoa sesudah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, mematikan lampu, listrik yang tidak diperlukan dan mematikan kran air. 

Selanjutnya, kata Elmi, siswa dianjurkan membaca buku diluar kelas, simulasi evakuasi bencana alam, senam germas, permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel yel sekolah ramah anak, deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak dan diakhiri dengan menyanyikan lagu" Maju Tak Gentar"." Kegiatan belajar sehari di luar kelas dimulai jam 7 hingga jam 10 pagi untuk seluruh siswa," kata Elmi

Ditambah Elmi, tujuan belajar sehari  diluar kelas guna memberikan pembelajaran yang lebih bermakna sehingga membuat semangat belajarnya lebih meningkat lagi dan menjadi pembelajaran yang sangat mengasikkan," Kedepan targetnya minimal 1 kali dalam setiap semester," ujar Elmi (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar