Kemendikbud Libatkan 22 Perguruan Tinggi untuk Membuat Soal CPNS

  • Kamis, 07 November 2019 - 06:07:58 WIB | Di Baca : 950 Kali

SeRiau - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) resmi membuka rekrutmen calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pada 11 November mendatang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ditunjuk sebagai pembuat soal-soal ujian bagi CPNS.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi mengatakan, dalam rangka menyingkronkan perencanaan kegiatan CPNS Tahun 2019, Kemendikbud diberi tugas membuat soal-soal CPNS.

Didik menjelaskan, pihaknya akan melibatkan 22 perguruan tinggi dalam menentukan kriteria persyaratan,dan juga dalam pembuatan soal-soal CPNS tersebut.

"Soal-soal yang sudah jadi akan kami serahkan ke Kemenpan untuk digunakan pada saat seleksi CPNS Tahun 2019," kata Didik Suhardi, di Gedung Ombudsman-RI, Rabu (6/11).

Didik juga menjelaskan, pihaknya akan mengundang beberapa perguruan tinggi untuk menyepakati dan membantu para panitia yang akan melaksanakan seleksi agar tidak bekerja sendiri-sendiri.

"Dan akan menjadi bagian dari ketentuan yang saya kira akan mempermudah panitia melakukan verifikasi dan administrasi untuk para CPNS Tahun 2019," tambahnya.

Soal yang akan dibuat oleh Kemendikbud, meliputi tes wawasan kebangsaan, tes Karakteristik pribadi, dan Tes Intelegensi umum.

"Semoga berjalan sesuai rencana, tanpa ada masalah," tutupnya. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar