Jadi Pemakalah di Simposium IV – UNIID. Abdul Kudus: Pentingnya Transportasi Ramah Lingkungan

  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 17:31:09 WIB | Di Baca : 1914 Kali

 

SeRiau,- Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (FT-UIR) Ir. H. Abdul Kudus Zaini, MT.MS.TR.IPM menjadi pemakalah dalam Simposium IV – University Network For Indonesia Infrastructure Development (UNIID). Kegiatan Simposium berlangsung di Gedung Utama Politeknik Negeri Batam mulai tanggal 28 oktober hingga 30 oktober 2019.

Sebagai pemakalah, Abdul Kudus menyampaikan materi dengan judul" Transportasi Berkelanjutan Yang Ramah Lingkungan".

Dalam pemaparanya, Abdul Kudus menjelaskan untuk mewujudkan pelestarian lingkungan hidup khususnya dalam kualitas udara yang bersih diperlukan beberapa langkah antara lain mengembangkan kebijaksanaan teknis dalam pengendalian emisi kendaraan. Meningkatkan kapasitas daerah dalam pengendalian emisi kendaraan melalui penguasaan dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, meningkatkan mekanisme pengawasaan dan evaluasi pengendalian emisi kendaraan dan terakhir meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan udara bersih.

Abdul Kudus juga menambahkan hubungan antara transportasi dan lingkungan sangat berkaitan erat, transportasi sendiri merupakan bagian dari sebuah pembangunan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lebih lanjut penyediaan sarana angkutan umum tidak dipikirkan secara matang termasuk juga prasarana transportasi yang akan melayaninya, maka kemampuan Pemerintah dalam hal ini penyediaan dan perhatian angkutan umum masih kurang. Dan ini terlihat dengan maraknya persoalan angkutan umum akhir-akhir ini seperti adanya tuntutan tarif, mahalnya suku cadang, rendahnya kualitas pelayanan pada penumpang, menurun nya jumlah armada yang beroperasi.

" Agar semua berjalan dengan maksimal kita harus mempunyai faktor-faktor pencapaian sukses antara lain komitmen bersama, penguatan institusi dalam pengelolaan kualitas udara, penguatan penegakan hukum, koordinasi menyeluruh dan melibatkan stakeholders yang ada," kata Abdul Kudus, Kamis (31/10)

Transportasi memiliki peran Penting dalam suatu kehidupan masyarakat sebuah Kota. Sistim transportasi Kota yang dipakai akan mempengaruhi kualitas Kota, karena transportasi berkaitan dengan pemakaian ruang, waktu dan energi. (Moughtin, 1996).

Penyebab utama kondisi ini adalah cepatnya pertumbuhan penduduk yang disebabkan pemakaian kendaraan pribadi, pengembangan jaringan jalan yang buruk, kurangnya investasi untuk sistim transportasi umum, lemahnya perencanaan dan keputusan pemerintah. (zal/rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar