Wakili Indonesia di Tingkat Internasional, Yara Putri Pesona Nusantara Aktif Kenalkan Pariwisata Riau

  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 06:52:11 WIB | Di Baca : 2725 Kali

 

SeRiau,- Sebagai Putri Pesona Nusantara 2019, Zawiadah Alyara Nazala siswa SMAN 9 Pekanbaru terus mempromosikan pariwisata Riau di media sosial (Medsos). Dara manis yang akrab disapa Yara ini berkewajiban memperkenalkan pariwisata sabagai Duta Putri Pesona Nusantara yang diembannya sejak sebulan lalu.

Sebelumnya, Yara terpilih menjadi juara pertama Putri Pesona Nusantara 2019 menyisihkan peserta dari 33 provinsi. Sedangkan, teman satu sekolahnya yang juga mewakili Riau, Ilham Ramadhani meraih juara III Putra Pesona Nusantara 2019. Atas prestasi yang diraih Yara, maka dirinya berhak mewakili Indonesia di ajang Puteri Nusantara Internasional. Sebagai Putra dan Putri Pesona Nusantara, Yara dan Ilham berkewajiban mempromosikan pariwisata Riau dan Indonesia. Membantu pemerintah mengenalkan pariwisata lokal hingga ke luar negeri baik wisata berbasis di darat maupun bahari diantaranya pacu jalur, bakar tongkang, objek wisata bono di Pelalawan dan Masjid Agung An Nur di Pekanbaru." Wadah promosinya melalui media sosial. Sebab, dengan medsos, diyakini lebih cepat dan efektif," kata Yara dan Ilham saat bincang bincang dengan seriau.com, Rabu (30/10) di SMAN 9 Pekanbaru

Perjalanan sebagai Putri Pesona Nusantara, kata Yara, tidaklah mudah. Banyak tahapan dilalui seperti seleksi tingkat kabupaten/ kota di Riau. Berbagai persiapan ditingkat nasional diantaranya mencari bahan referensi tentang pariwisata. Public speaking, cara bersikap juga harus kuasai bahkan busana yang akan ditampilkan juga harus disiapkan. Yara dan Ilham juga harus mencari sponsor. Ditingkat nasional, juri menilai semua peserta dari segi brain, beauty dan behavior. Tiga hal ini dinilai dalam 3 hari mereka dikarantina. Sedangkan tes yang dilalui mulai dari tes tertulis terkait wawasan pariwisata, calender of event, sapta pesona. Selanjutnya, tes wawancara terkait materi pariwisata dan kepribadian. Dan terakhir ada tes minat bakat perorangan.

" Saat penampilan minat bakat, Saya tampil menyanyi sambil main gitar. Sedangkan Ilham menciptakan dan membaca puisi yang digabungkan dengan drama," kata Yara.

Ada yang menarik, saat malam puncak, kata Yara, satu persatu, menjawab pertanyaan acak dari juri. Hasil jawaban dan penampilan memukau, akhirnya Yara, terpilih sebagai juara pertama. Sedangkan  posisi kedua dan ketiga masing- masing direbut peserta asal Aceh dan Jambi.

Selaku Ketua Rombongan Tim Pesona Nusantara Riau, Yasmin mengaku bangga dengan prestasi Yara dan Ilham. Meskipun, Ilham berhasil juara tiga, namun apa yang telah diperbuat Ilham sudah membawa harum nama Riau di level nasional. Sementara Yara meraih juara pertama, akan berlaga ditingkat internasional. Gambaran awal, sebagai tuan rumah tingkat  internasional, diperkirakan antara India dan Vietnam tahun 2020 mendatang. Ditingkat internasional walaupun masih lama, namun Yasmin tetap mempersiapkannya sedari awal. Dirinya, mengaku tetap akan menonjolkan kearifan lokal melayu jika Yara ikut nanti.
"Sebaliknya, kalau nanti proses seleksinya tidak mencerminkan budaya Indonesia, khususnya Melayu, maka kami memilih tak akan ikut serta. Apalagi Yara ini kan seorang muslimah yang berhijab," kata Yasmin yang juga pemerhati pendidikan ini

Keikutsertaan Riau diajang Putra Putri Pesona Nusantara, kata Yasmin, mendapat dukungan besar dari Gubernur Riau, Syamsuar. Karena sesuai dengan visi misi gubernur dalam peningkatan pariwisata provinsi. Dukungan nyata itu ditunjukkan gubernur saat Yara dan Ilham berangkat ke Jambi selaku tuan rumah. Pak gubernur membantu mereka dengan menyediakan alat transportasi. Gubernur juga mengarahkan tim untuk mendapat dukungan lewat program corporate social responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan. Akhirnya, tim yang sempat terbentur dana tetap bisa berangkat dan mengharumkan nama daerah.

Dukungan juga disampaikan oleh
Kepala SMAN 9 Pekanbaru, Hj Zuraida. Dimana, dalam ajang tersebut pihak sekolah juga memberi dukungan besar." Inikan membawa nama Riau dan ternyata siswa kita mampu berbuat dan mewakili Indonesia ditingkat  internasional," kata Zuraida dengan bangganya. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar