Dihajar Thailand, Indonesia Gagal Juara Piala AFF Futsal

  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 18:59:36 WIB | Di Baca : 993 Kali

SeRiau - Timnas Indonesia gagal menjadi juara setelah dikalahkan Thailand 0-5 pada final Piala AFF Futsal 2019 di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Min City, Vietnam, Minggu (27/10).

Laga Thailand vs Indonesia di awal babak pertama berjalan alot. Kedua tim lebih banyak memainkan bola di lini tengah ketimbang menghasilkan peluang gol.

Upaya Indonesia mencetak gol baru datang dari Ardiansyah Nur pada menit ke-10. Ia berhasil menerima umpan Rio Pangestu tetapi sepakan kerasnya diblok pemain Thailand.

Tak lama berselang, Thailand malah unggul 1-0 atas Indonesia. Umpan Kritsada Wongkaeo dari bola penalti dikonversi jadi gol oleh Mohammad Ousamanmusa yang dalam posisi tidak terkawal.

Indonesia coba merespons lewat peluang voli Mochamad Iqbal, semenit berselang. Namun tendangannya masih lemah sehingga mudah digagalkan kiper Thailand.

Di menit ke-16, tim Negeri Gajah Putih memperbesar skor jadi 2-0 lewat tendangan dari titik second penalty. Hadiah second penalty itu diberikan karena Ardiansyah Runtuboy melakukan pelanggaran keenam untuk Indonesia.

Tendangan second penalty yang dieksekusi Suphawut Thueanklang bisa mengecoh Iksan.

Di awal babak kedua, Indonesia yang butuh gol untuk memperkecil ketertinggalan langsung mendapatkan peluang emas lewat Andri. Hanya saja tendangannya belum bisa membobol gawang Thailand.

Pada menit ke-22 Runtuboy dapat peluang bersih untuk mencetak gol tetapi sepakannya masih terlalu lemah dan mudah digagalkan kiper Thailand.

Semenit berselang, Indonesia kembali dapat peluang emas.  Tembakan Rizki Xavier berubah arah karena mengenai badan pemain lawan tetapi hanya menerpa tiang gawang Thailand.

Terus menyerang, gawang Indonesia malah kebobolan untuk ketiga kalinya. Pemain Thailand Warut Wangsama-aeo dengan tenang menceploskan bola ke gawang kosong pada menit ke-24.

Indonesia kembali melewatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-29. Tendangan Andri dari sudut sempit masih berada di samping gawang Thailand.

Indonesia berada dalam posisi yang semakin sulit setelah Kritsada Wongkaeo membuat Thailand unggul 4-0 setelah memanfaatkan kesalahan Indonesia saat memainkan powerplay. Jelang laga usai, Kritsada mencetak gol keduanya dan membuat skor 5-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

Susunan pemain

Thailand: 1-Kanison Phoopun (kiper); 3-Warut Wangsama-aeo, 5-Ronnachai Jungwongsuk, 11-Mohammad Ousamanmusa, 14-Apiwat Chaemcharoen

Indonesia: 1-M. Iksan Rahadian; 6-Marvin Alexa Wossiry, 3-Muhammad Rizki Xavier, 4-Mochammad Iqbal Iskandar, 10-Andri Kustiawan. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar