Disbudpar Pekanbaru Gandeng IDI Wujudkan Pariwisata Kesehatan

  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 18:33:37 WIB | Di Baca : 113 Kali

SeRiau - Pemerintah Kota Pekanbaru melaui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pekanbaru dalam mewujudkan pariwisata kesehatan di Kota Bertuah.

"Saat ini kita sudah buat draft perjanjian kerjasamanya. Selain itu,  kita tentukan apa progam dari kegiatan kita ini," ungkap Kepala Disbudpar Pekanbaru Nurfaisal, Kamis (24/10/2019).

Dijelaskan Nurfaisal,  dalam pariwisata kesehatan ini, masyarakat maupun wisatawan bisa melihat secara langsung kecanggihan berbagai fasilitas kesehatan yang ada di rumah sakit, puskesmas dan layanan kesehatan lainnya.

Loading...

Sesuai draf kerjasama yang disusun, terang Nurfaisal, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan bertugas mempromosikan paket wisata kesehatan kepada wisatawan. Sementara untuk fasilitas merupakan kewenangan IDI.

"Nanti ada paket-paket wisata kesehatan seperti di China. Itu yang akan kita buat juga. Selanjutnya kita berikan informasi ke masyarakat dan wisatawan, kalau di tempat kita alat-alat kesehatannya juga sudah lengkap dan canggih," sebut Nurfaisal.

"Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi mendapatkan akses pelayanan kesehatan harus jauh-jauh ke luar negeri. Sebab, di sini (Pekanbaru) juga sudah lengkap dengan standar yang terukur," sambung Nurfaisal.

Lebih jauh disampaikan Nurfaisal, pariwisata kesehatan yang tengah dirancang tersebut juga bertujuan menindaklanjuti rekomendasi Kementerian Pariwisata agar Disbudpar Pekanbaru membuat suatu manajemen yang disebut manajemen krisis kepariwisataan.

"Jadi sasaran kegiatan itu seperti kalau ada bencana, kita cepat tanggap. Baik dalam memberi informasi, maupun dalam penanggulangan bencana. Karena kita sudah wisata kesehatan," tutur Nurfaisal. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar