Jokowi soal Menkum HAM: Saya Tugaskan Perbaiki yang Perlu Diperbaiki

  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 18:29:51 WIB | Di Baca : 980 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar para menteri kabinet Indonesia Maju bekerja optimal sesuai visi-misi presiden/wakil presiden. Khusus untuk Menkum HAM Yasonna Laoly, Jokowi punya pesan khusus.

"Mengenai Menkum HAM, saya sudah tahu pak menteri ini lama, secara pribadi. Saya sampaikan dan saya tugaskan untuk memperbaiki, mengoreksi apa-apa yang memang perlu diperbaiki," kata Jokowi kepada wartawan di Istana, Kamis (24/10/2019).

Jokowi juga menyinggung soal konsep hukum perundang-undangan omnibus law. Lembaga pemasyarakatan juga ikut disorot Jokowi untuk dibenahi Laoly dalam periode kedua jabatan sebagai Menkum.

"Termasuk juga yang berkaitan dengan tata kelola yang ada di lapas. Saya nggak banyak memberikan tugas-tugas. Tiap menteri jelas tugas-tugas," ujar dia.

Sebelumnya usai ditunjuk Jokowi jadi menteri lagi, Laoly berbicara soal regulasi di level kementerian untuk memudahkan perizinan. Selain itu, Laoly menyinggung soal harmonisasi peraturan daerah.

"Kalau ada tumpang-tindih ada yang menghalangi, kita cari solusi terbaik apakah Perda itu dibatalkan melalui peraturan Presiden. Perda harus diharmonisasi supaya jangan semua daerah nanti bisa melakukan peraturan yang bertentangan dengan arah kebijakan nasional kita," sambung Laoly.

Laoly juga berbicara soal overkapasitas Lapas juga hukuman pidana bagi pengguna narkotika. Laoly menyebut perlunya sinergi antara sejumlah instansi terkait dan rehabilitasi pemakai guna mengurangi overkapasitas Lapas. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar