Thailand Pimpin ASEAN dalam Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034

  • Jumat, 11 Oktober 2019 - 20:27:22 WIB | Di Baca : 164 Kali

SeRiau - Thailand akan memimpin negara di ASEAN dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal tersebut disepakati dalam agenda ASEAN Ministerial Sports kelima di Manila pada Rabu (8/10/2019).

Selain Thailand, empat negara lain yang bergabung dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Menurut Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Phiphat Ratchakitprakarn, pertemuan di Manila tersebut menyetujui lima negara bersatu dan mengupayakan Piala Dunia 2034 digelar di ASEAN.

Loading...

Phiphat menyatakan keempat negara lain setuju Thailand akan mengambil peranan pimpinan dalam proses bidding.

Dia mengungkap selanjutnya akan membawa kesepakatan ini untuk meminta persetujuan dari kabinet Thailand.

Selain lima negara ASEAN yang tergabung jadi satu, negara lain yang juga berminat dari tuan rumah Piala Dunia 2034 termasuk China, Mesir, Zimbabwe, Nigeria, dan gabungan Australia-Selandia Baru.

Di sisi lain, Qatar jadi akan tuan rumah kedua Piala Dunia yang dilangsungkan di Asia setelah Jepang-Korea Selatan pada edisi 2002. Piala Dunia Qatar digelar pada 2022.

Beberapa negara di ASEAN memang sudah lama membicarakan potensi jadi tuan rumah Piala Dunia, dan hal itu baru dibicarakan secara serius dalam ASEAN Summit di Bangkok, Juni lalu.

Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, mengatakan pemimpin-pemimpin negara di ASEAN telah menyatakan dukungannya untuk membawa Piala Dunia 2034 ke wilayah mereka. (**H)


Sumber: Bola.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar