Api Melalap Lahan Hutan di Kaki Gunung Tangkuban Perahu

  • Senin, 07 Oktober 2019 - 23:13:16 WIB | Di Baca : 74 Kali

SeRiau - Kebakaran hutan terjadi di Petak 44B, RPH Cisarua, KPH Lembang yang secara administratif masuk ke Desa Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Titik api dipantau muncul sejak Sabtu (5/10) lalu.

Hingga Senin (7/10/2019), petugas dari Polisi Hutan Perhutani, unsur SAR dan warga berjibaku memadamkan titik api di kaki Gunung Tangkuban Perahu itu. Lokasinya dengan Kawah Ratu hanya berjarak dua kilometer.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan lokasi titik api sulit dijangkau karena medan yang curam. Menurutnya, api melalap pepohonan mati yang berada di lokasi hutan alam.

Loading...

"Alhamdulillah sekarang relatif bisa dikendalikan, pada hari Minggu kemarin kita melakukan penyisiran," ujar Komarudin saat dihubungi detikcom.

Menurutnya, hingga siang tadi, kebakaran telah meludeskan 0,7 hektare lahan hutan "Hanya ada satu titik, kita lakukan siaga penuh (agar api tak meluas), kita siagakan petugas dengan perlengkapan baju api, masker, sepatu, sarung tangan," kata Komarudin.

"Kita juga membawa jet shooter, jadi penyemprot air dengan tekanan tinggi. Kemudian warga juga ada yang membawa golok, garpu untuk mencegah perluasan titik api," ucapnya.

Untuk penyebab kebakaran, ia belum mengetahui secara pasti. "Dugaan saja mungkin dari puntung rokok atau dari aktivitas warga yang lewat. Kalau dari permukiman, lokasinya agak jauh memang," ujar Komarudin.

Anggota SAR Pasundan, Asep Koswara yang terlibat dalam operasi pemadaman mengatakan sudah tiga hari ini api belum bisa dipadamkan seluruhnya. "Baru 80 persen saja yang bisa dipadamkan, tapi relatif masih bisa dikendalikan," kata Asep. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar