5 Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan, Lebih Kaya Gizi Ketimbang Salmon

  • Senin, 07 Oktober 2019 - 10:33:47 WIB | Di Baca : 431 Kali

 

SeRiau - Ikan kembung merupakan ikan lokal Indonesia yang nutrisinya digadang-gadang tidak kalah dari ikan salmon yang banyak ditemukan di perairan Eropa dan Amerika. Ternyata, ikan kembung punya gizi lebih tinggi dibanding ikan salmon.

Di dalam ikan kembung terkandung protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2, vitamin B6, iodine, dan selenium yang lebih tinggi. Setaranya nilai gizi ikan kembung dan ikan salmon ini juga telah diungkapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikan (KKP) RI, Machmud.

Loading...

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada di Indonesia, ikan kembung diketahui mempunyai kandungan omega-3 tinggi. Omega-3 merupakan asam lemak baik dan punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, masih banyak nutrisi penting lainnya yang dimiliki salmon yang juga ada di ikan kembung.

Nah, sebelum mulai mengonsumsi ikan kembung, kamu perlu mengetahui manfaat ikan kembung untuk kesehatan terlebih dahulu. Berikut ada beberapa manfaat ikan kembung untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019).

 

Mencegah Penyakit Jantung

Adanya kandungan omega-3 yang merupakan asam lemak baik di dalam ikan kembung, mampu mencegah penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Hal ini dikarenakan zat ini bersifat antiradang dan mengurangi risiko pembentukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat.

Apabila penumpukan plak ini terjadi terus menerus, maka akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat berujung pada serangan jantung atau stroke.


Menjaga Kesehatan Otak

Ada jenis asam lemak lainnya yang bernama EPA dan DHA. Asam lemak ini bermanfaat untuk sistem saraf, termasuk otak. Kedua jenis omega-3 ini dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak, yaitu demensia dan Alzheimer.

Untuk anak-anak, mengonsumsi omega-3 ini dapat membantunya dalam perkembangan otak agar menjadi lebih cerdas. Sedangkan untuk ibu hamil, adanya DHA ini mampu membantu tumbuh kembang janin, khususnya untuk perkembangan otak.


Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selain asam lemak omega-3, ikan kembung juga mengandung aneka asam lemak tak jenuh lainnya, yaitu asam lemak omega-6. Zat ini mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

Zat ini sangat penting untuk para penderita diabetes. Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan kembung secara rutin untuk menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap terkendali.


Mengatasi Peradangan

Terjadinya peradangan pada tubuh juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi ikan kembung. Hal ini dikarenakan ikan kembung memiliki senyawa aktif di dalamnya, yang dimana senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.


Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan kembung sebagai sumber protein yang ekonomis dan kaya vitamin D bisa dijadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D merupakan salah satu zat penting bagi tubuh guna membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang, gigi, sistem imun, dan sistem saraf.

 

 

 

 

Sumber Liputan6.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar