Wawako Pekanbaru Kukuhkan Balakar Pekanbaru

SeRiau - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengukuhkan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) Kota Pekanbaru tahun 2019, Selasa (17/9/2019). Pengukuhan berlangsung di Ballroom Hotel Furaya, Kota Pekanbaru.

Ayat menyematkan pin kepada 12 relawan balakar Kota Pekanbaru yang mengenakan kaos polo warna biru. Warna biru adalah warna khas dari para Satria Biru atau personel damkar.  Mereka adalah balakar perwakilan dari kecamatan di Kota Pekanbaru.

Ayat dalam sambutannya mengapresiasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru. Sebab saat ini sudah memiliki balakar. 

Ia juga berharap balakar bisa membantu upaya mencegah kebakaran bersama DPKP Kota Pekanbaru. Mereka bisa memberi pencerahan kepada masyarakat untuk waspada kebakaran.

"Bila terjadi kebakaran, para relawan balakar bisa ikut bantu memadamkan," ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menyampaikan bahwa jumlah anggota balakar mencapai 200 orang. Mereka berasal dari 83 kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru. 

"Mereka adalah masyarakat tempatan, yang nantinya tanggap terhadap bencana kebakaran," jelas Burhan.

(Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi tampak hadir dalam Pengukuhan Balakar Pekanbaru 2019.)

 

Keberadaan balakar mendukung tugas damkar dalam meminimalisir dampak kebakaran. Mereka yang jadi anggota balakar berusia muda yakni 19 tahun hingga 35 tahun. 

Para pemuda ini nanti siap membantu damkar dalam tugas pemadaman kebakaran. "Kita berupaya, agar jumlah balakar terus bertambah setiap tahunnya," terangnya.

Burhan menyebut bahwa tugas balakar di masa mendatang yakni ikut mempercepat respose time atau wakti tanggap. Waktu tanggap saat ini baru 20 menit.

"Maka kita berupaya mempercepat response time dalam pemadaman," jelasnya.

Pihaknya juga meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak yakni PLN dan kepolisian. Senua pihak bekerjasama dan sinergi dalam upaya membantu proses pemadaman.

Para relawan balakar ikuti pembekalan usai jalani pengukuhan. Pembekalan nantinya berlangsung selama tiga hari. 

Ada sejumlah pelatih dihadirkan yakni Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, BPBD Provinsi Riau dan BMKG Pekanbaru. ***



Berita Terkait

Tulis Komentar