Ucapkan Sumpah Jabatan, Bambang Soesatyo Resmi Jadi Ketua MPR

  • Kamis, 03 Oktober 2019 - 22:24:51 WIB | Di Baca : 1131 Kali

SeRiau - Bambang Soesatyo (Bamsoet) resmi menjadi Ketua MPR 2019-2024. Bamsoet terpilih secara aklamasi.

Rapat paripurna pemilihan Ketua MPR digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Rapat dipimpin pimpinan sementara MPR, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat.

Sebelum penetapan Bamsoet sebagai Ketua MPR, paripurna telah menetapkan 10 pimpinan MPR 2019-2024. Mereka terdiri atas 9 fraksi DPR dan kelompok DPD.

Wakil Ketua MPR adalah Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

Saat nama-nama pimpinan MPR baru disebut, anggota majelis yang hadir bertepuk tangan.

Selanjutnya, Abdul Wahab pun bertanya kepada hadirin rapat apakah keputusan itu dapat disetujui. Para anggota majelis menjawab 'setuju'.

"Apakah dapat disetujui?" kata Abdul Wahab.

"Setuju," jawab hadirin. Abdul Wahab kemudian mengetuk palu tanda pengesahan.

Kemudian, kesepuluh pimpinan MPR diambil sumpah/janji jabatan. Pengambil sumpah dipimpin Ketua MA Hatta Ali. Berikut ini bunyi petikan sumpah/janji yang dibacakan:

Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta peraturan perundang-undangan

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar