Karhutla di Riau Berlanjut, Paparan Asap di Kaltim Meluas

  • Selasa, 17 September 2019 - 06:55:25 WIB | Di Baca : 68 Kali
Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat mulus di tengah kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyelimuti Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, Senin petang (16/9/2019). (ANTARA FOTO/FB

 

SeRiau - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus terjadi di Provinsi Riau, Senin (16/9). Titik karhutla terdeteksi terjadi di JL. GKPN, desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. 

Kepala Daops Pekanbaru, Edwin Putra saat dikonfirmasi menjelaskan untuk luasan yang terbakar di GKPN berkisar seluas tiga hektar dan diturunkan 2 regu yang terdi dari personil gabungan Satgas Karhutla Riau, 

Loading...

"Dua regu pemadaman Daops Pekanbaru bergabung dengan satgas karhutla Riau melakukan pemadaman di Jl. GKPN. " ujar Edwin Senin (16/09). 

Di kecamatan tambang sendiri terjadi kebakaran di tiga titik. 

"Di jalan GKPN, Jalan Marwah, dan ada lagi di Jalan mustamindo, untuk Jalan Marwah terpaksa kita tinggalkan hari ini, karena sumber air terbatas, kita kirim air menggunakan tangki di situ, sedangkan di GKPN yang dekat dengan permukiman warga dan asap cukup pekat, maka kita lakukan pemadaman terlebih dahulu di GKPN. " jelas Edwin. 

Kebakaran sudah memasuki hari kedua di Jalan GKPN, namun angin yang kencang mengakibatkan api terus menyala dan sumber air yang terbatas menyulitkan petugas untuk melakukan pemadaman. 

Sudah hampir dua bulan karhutla terjadi di Provinsi Riau, hingga menyebabkan kabut asap yang pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, dan beberapa kabupaten kota yang ada di provinsi Riau. 

Seperti diberitakan sebelumnya Presiden RI sudah berada di Provinsi Riau untuk meninjau kebakaran yang terjadi di Provinsi Riau. 

Kabut asap di kaltim 

Paparan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan juga dilaporkan menyebar ke seluruh wilayah Kalimantan Timur. sejumlah penerbangan terpaksa dibatalkan ke beberapa bandara dari dan tujuan Kalimantan Timur. 

Humas angkasa pura I Sepinggan Balikpapan, Mega Andanina, mengatakan meskipun penerbangan landing dan take of untuk bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Bailkpapapan masih baik dan jarak pandangnya mencapai 9 kilometer, namun sejumlah jadwal penerbangan dari dan menuju bandara beberapa kota di Kalimantan banyak yang di-cancel hari ini. 

"yang bermasalah adalah bandara dari dan tujuan seperti Berau,Tarakan, Palangkaraya banyak yang cancel karena visibility-nya tidak bagus" ujarnya pada senin (16/9) di Balikpapan. 

Lebih lanjut, Mega Andanina menjelaskan penerbangan di Bandara Aji Pranoto Samarinda banyak dialihkan ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akibat gangguan asap. 

"Banyak penerbangan di Bandara Aji Pranoto Samarinda diverted ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Landing dan take of di sini," katanya . 

Yuyun, seorang calon penumpang pesawat garuda rencananya akan berangkat kemarin dari bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat dengan tujuan Bandara Aji Pranoto Samarinda Kalimantan Timur. Ia mengaku sudah dua kali dibatalkan jadwal penerbangannya. 

"Saya dari Pontianak ke Samarinda tansit Jakarta. Sejak kemarin sudah dua kali dibatalkan,"tutur Yuyun.

 

 

 

 

Sumber CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar