Fasilitas Minyak Arab Saudi Diserang, AS Langsung Siap Siaga

  • Senin, 16 September 2019 - 19:47:12 WIB | Di Baca : 60 Kali

SeRiau - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan AS tengah bersiap siaga terhadap kemungkinan serangan lanjutan terhadap fasilitas minyak milik Arab Saudi. Hal tersebut Trump sampaikan dalam akun Twitternya, Minggu (15/9).

"Ada alasan untuk percaya bahwa kita tahu pelakunya, bersiap siaga tergantung pada verifikasi. Kami menunggu Kerajaan (Arab Saudi) untuk mengatakan siapa yang mereka percaya melakukan serangan ini dan dengan ketentuan apa kita akan melanjutkan," tulis Trump seperti yang dikutip oleh Channel News Asia.

Selain itu, Trump juga mengizinkan penggunaan cadangan minyak darurat AS untuk memastikan pasokan setelah serangan tetap stabil.

Loading...

Pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan kepada wartawan bahwa bukti serangan mengindikasikan Iran sebagai dalangnya. Bukan kelompok pemberontak Yaman, Houthi, yang telah mengklaim serangan tersebut. Pompeo mengungkapkan, tidak ada bukti bahwa Houthi melakukan serangan tersebut.

Merespons hal tersebut, Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi dengan tegas menolak tuduhan itu. Dia menegaskan, serangan tersebut "tidak ada gunanya" bagi Iran.

Meski demikian, Komandan Pengawal Revolusi, Amirali Hajizadeh memperingatkan bahwa Iran siap untuk melakukan perang.

"Semua pangkalan Amerika dan kapal induk mereka dalam jarak hingga 2 ribu km di sekitar Iran berada dalam jangkauan kami," ujar Hajizadeh memberi sedikit ancaman. (**H)


Sumber: rmol.id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar