Karhutla Meluas, DPR Bakal Panggil Menteri Siti Nurbaya

  • Senin, 16 September 2019 - 12:27:39 WIB | Di Baca : 997 Kali

 


SeRiau - Anggota Komisi VII DPR, Bara K. Hasibuan mengatakan pihaknya akan memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyusul meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Akibat karhutla ini, sejumlah provinsi di Sumatera dan Kalimantan dikepung kabut asap.

Ia mengatakan Komisi yang menaungi lingkungan hidup ini akan menggelar rapat khusus dengan Siti karena bencana karhutla makin mengkhawatirkan.

"Kami adakan rapat khusus soal ini, kami panggil KLHK, karena yang tadinya kita pikir bisa diatasi, sekarang malah under control dan mengganggu manusia dan ekosistem," kata Bara kepada CNNIndonesia.com, Senin (16/9).

Lebih lanjut, Bara mengatakan pihaknya akan meminta penjelasan Siti terkait bencana karhutla ini. Apalagi selama ini pemerintah tak satu suara terkait penyebab karhutla di Sumatera dan Kalimantan.

"Jadi masalah tambah kompleks dan kita dengar laporan yang berbeda-beda. Siapa yang bertanggungjawab dan sebabnya apa? Dan memang kelihatan pihak otoritas yang diberikan tanggung jawab itu kewalahan menghadapi ini semua," kata dia.

Ia menegaskan pemanggilan Siti akan dijadwalkan paling cepat pada minggu ini agar penanganan bencana karhutla bisa segera dilakukan.

"Secepatnya, kalau memungkinkan ya minggu ini. Ini perlu penanganan khusus, dan kami di komisi VII terus memonitor ini, ternyata ini terus meluas," kata dia.

 

 

Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar