Udara di Pekanbaru hingga Bengkalis Berbahaya!

  • Jumat, 13 September 2019 - 18:46:46 WIB | Di Baca : 256 Kali

SeRiau - Asap dari kebakaran hutan dan lahan sudah sangat mengganggu kesehatan. Bukan lagi tidak sehat, kualitas udara di banyak daerah Pulau Sumatera sudah berbahaya bagi manusia!

"Sesuai dengan klasifikasi ISPU, kondisi kualitas udara di wilayah Provinsi Aceh, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan tingkat kualitas udara yang secara umum dapat merugikan kesehatan yang serius," demikian kesimpulan laporan rekapitulasi data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) untuk Jumat (13/9/2019) hingga pukul 15.00 WIB.

Keterangan ISPU itu berasal dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, yang disampaikan oleh Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo kepada wartawan.

Loading...

Hasil pemantauan ISPU hari ini menunjukkan kualitas udara ambien di Provinsi Aceh, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan dalam kondisi baik hingga berbahaya.

Berikut rincian tingkat pencemaran udara per wilayah:

a. Pekanbaru: berbahaya
b. Siak: berbahaya
c. Kampar: berbahaya
d. Rokan Hilir: berbahaya
e. Dumai: sangat tidak sehat
f. Bengkalis: sangat tidak sehat hingga berbahaya
g. Aceh: baik
h. Sumatera Barat: sedang
i. Kepulauan Riau: sedang
j. Jambi: tidak sehat
k. Sumatera Selatan: sedang

Angka ISPU dikatakan baik bila berada dalam rentang 0-50. Angka 51-100 masuk kategori sedang. Angka 101-199 masuk kategori tidak sehat, merugikan manusia, hewan, dan merusak tumbuhan. Angka 200-299 berarti sangat tidak sehat atau merugikan kesehatan bagi yang terpapar. Angka lebih dari 300 berarti udara itu berbahaya, merugikan kesehatan secara serius. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar