Melalui PKM UMRI, Kembangkan Oleh-oleh Khas Kuok untuk Kenalkan Wisata Daerah.

  • Sabtu, 07 September 2019 - 14:00:22 WIB | Di Baca : 1924 Kali

 

SeRiau,- Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) adakan pembinaam untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkat Yakin di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar.

Zayyinul Hayati Zen, ST.,MT, Ketua PKM UMRI bersama anggotanya Denny Astrie Anggraini, ST,MT pembinaan tersebut bertujuan untuk membangun Branding Karupuok Lomang menjadi oleh-oleh khas daerah Kuok. Berbeda dari tahun lalu program KUBE juga pernah sukses dilakukan di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

Sementara itu pembinaan yang berlangsung dari Juli tersebut sudah melalui berbagai tahapan mulai dari memperkenalkan produk ke customer hingga melakukan pembinaan ketahap produksi." Kita lakukan Branding untuk kemasan, karena kita sebelumnya sudah adakan peninjauan dari segi kemasan. Alhamdulillah dalam hal ini kemasan sudah kita desain agar menarik dan memiliki nilai jual," kata Zayyinul yang juga merupakan Dosen Teknik Industri UMRI, baru baru ini

Untuk diketahui Karupuok Lomang yang terbuat dari Ubi kayu tersebut diolah secara manual dan proses pemotongannya berbentuk lomang (lemang). Dengan diadakannya pembinaan tersebit Zayyinul berharap oleh-oleh khas Kuok tersebut dapat disandingkan dengan oleh-oleh khas Riau yang sudah dipasaran. Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan pendapatan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Merangin." Kita juga berharap Karupuak Lomang akan menjadi salah satu ciri cemilan khas Kuok, bisa menjadi oleh-oleh Khas Kuok, yang bisa bersaing dengan produk-produk cemilan Khas Riau lainnya," harapnya.

Sementara itu Husni Marti, Ketua KUBE Berkat Yakin mengatakan sangat senang sekali dengan adanya bimbingan dan pembinaan dari pihak kampus terkait pengembangan usaha ibu-ibu disini." Kami sangat mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Tim PKM UMRI, kami harapkan program ini akan terus berlanjut kedepannya," ujarnya dengan rasa haru. (zal/rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar