Cabor PON Dikurangi, KONI Riau: Harus Ada Kesepakatan KONI Pusat

  • Jumat, 30 Agustus 2019 - 15:33:39 WIB | Di Baca : 1104 Kali
Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis

SeRiau - Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di Papua akan dikurangi menjadi 37 Cabor.

Semula Cabor yang dipertandingkan pada PON 2020 di Papua tersebut 47 Cabor. Namun, karena terbatasnya waktu persiapan untuk pelaksanaan PON tersebut, Provinsi Papua melalui KONI Papua memutuskan ada perubahan jumlah Cabor PON XX 2020 menjadi 37 Cabor.

Menanggapi adanya pengurangan Cabor PON 2020 tersebut, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan bahwa memang ada rencana pengurangan jumlah Cabor PON. 

Secara resmi surat yang sampai ke kita belum ada, atau mungkin datang belakangan belum tau. Tapi dari rapat KONI yang kita ikuti, Ketua Umum KONI Pusat, menyampaikan bahwa pelaksanaan PON tetap di Papua. "Namun, untuk lokasinya diperkecil menjadi tiga Kabupaten/Kota saja, yaitu Jayapura Kabupatennya, Jayapura Kotanya dan Kabupaten Mimika," kata Emrizal, Jumat (30/8/2019).

"Hanya tiga Kabupaten/Kota tu saja, yang mungkin tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jayapura," lanjutnya.

"Kemudian Cabor PON diputuskan menjadi 37 dari 47. Jadi ada 10 Cabor yang dikurangi," katanya.

"Kalau semisal ada surat yang beredar mengatakan ada 15 Cabor yang dikurangi pada PON nanti, itu kan belum ditanda tangani. Karena untuk keputusan itu harus ada kesepakatan dengan KONI Pusat," jelasnya.

"Dan sampai saat ini, informasi yang beredar masih tetap 10 Cabor yang dikurangi," sebutnya.

Diketahui juga, dari daftar Cabor yang akan dikurangi tersebut ada 15, di antaranya, Dansa, Ski Air, Gateball, Petanque, Woodball, Catur, Bridge, Kempo, Wushu, Bola Tangan, Sepak Takraw, Soft Tennis, Aerosport, Balap Sepeda, dan Akuatik. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar