Buya Syafii Ingatkan Komisi III DPR Gunakan Nurani Pilih Capim KPK

  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 21:36:45 WIB | Di Baca : 885 Kali

SeRiau - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif, meminta agar Komisi III DPR dapat bersifat netral nantinya dalam memilih lima calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Ia meminta komisi mitra kerja KPK di DPR itu dapat mengesampingkan kepentingan politik terlebih kepentingan golongan dalam menentukan lima pimpinan yang akan memimpin KPK empat tahun ke depan.

"Berdasarkan fakta nanti yang menentukan Komisi III lagi. Saya berharap Komisi III jangan memilih (capim KPK) berdasarkan pragmatisme politik. Tapi betul-betul untuk memperbaiki negeri ini," ujar Buya Syafii di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (28/8).

"Saya berharap perwakilan parpol di Komisi III jangan berdasarkan kepentingan golongan atau politik, tapi betul-betul untuk bangsa dan negara," sambungnya.

Masukan tak hanya disampaikan kepada mitra kerja KPK di DPR, Presiden Jokowi dinilai juga menjadi sosok penting untuk menentukan 10 orang terpilih untuk dipilih DPR.

Buya Syafii meyakini Presiden hanya akan menjatuhkan pilihannya pada sosok yang dianggap memiliki kriteria sesuai dengan yang dibutuhkan KPK saat ini.

"Presiden tentunya berpihak pada fakta. Pada yang benar. Saya katakan mungkin yang benar-benar ideal (yang akan dipilih Presiden). Tapi setidaknya yang mimpin KPK itu yang catatan hitamnya sedikit atau tidak ada sama sekali. Saya rasa itu aja," ungkap Buya Syafii.

"Rekam jejak itu kan jelas. Kalau bermasalah apalagi menyangkut penegakan hukum, pemberantasan korupsi, itu namanya kita bisa berkhianat pada bangsa ini," tutupnya. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar