Pemerintah Harus Terbuka Sampaikan Roadmap Pemindahan Ibu Kota

  • Selasa, 27 Agustus 2019 - 20:27:55 WIB | Di Baca : 1259 Kali

SeRiau - Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyambut dengan positif niat baik Presiden memindahkan ibu kota. Namun, ia meminta agar Pemerintah secara terbuka menyampaikan roadmap serta anggaran yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur ini. 

"Presiden menyampaikan anggaran pemindahan sebesar Rp466 triliun dan 19 persen menggunakan APBN. Seyogyanya, karena ada anggaran yang diambil dari APBN, pemindahan ibu kota ini harus dibahas bersama DPR. Saya berharap Pemerintah secara terbuka menyampaikan peta jalan serta berapa sesungguhnya anggaran yang dibutuhkan," ungkap Ferdiansyah di Gedung Nusantara I DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8).

Legislator F-Golkar ini juga berharap agar Pemerintah memperhatikan dampak dari pemindahan ibu kota ini. Ia menilai tidak hanya berdampak bagi sebuah kawasan, pembangunan ibu kota baru tentu berpengaruh bagi masyarakat, baik positif maupun negatif. "Bagaimana kesiapan masyarakat di sana, ini harus diperhatikan. Pemindahan ibu kota ini juga jangan sampai menghilangkan kearifan lokal baik budaya maupun identitas orang Kalimantan sendiri," jelasnya. 

Ferdi juga menyampaikan dampak lainnya dari pemindahan ibu kota, yaitu di bidang ekonomi dan politik serta keamanan dan ketahanan. "Dengan adanya pemindahan ibu kota ini akan berpengaruh terhadap provinsi lain. Misalnya, orang Aceh ke calon ibu kota menjadi lebih jauh tapi bagi orang Papua lebih dekat. Positifnya adalah pertumbuhan ekonominya. Nah, ini harus diperhatikan," jelasnya.

Kemudian, di bidang politik, pemindahan ibu kota ini juga akan berdampak pada pemindahan lembaga negara serta partai politik. "Ibu kota baru akan membutuhkan lahan besar, karena otomatis semua lembaga negara juga ikut pindah. Ini harus diperhatikan secara detail dan jangan sampai pemindahan ini membawa dampak bagi lingkungan," tukasnya. 

Seperti diketahui, pada hari Senin (26/8), Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan lokasi ibu kota baru, yakni Provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota baru nantinya akan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara. (**H)


Sumber: viva.co.id





Berita Terkait

Tulis Komentar