Keseruan 17 Agustusan di Mekah, Potong Kue Hingga Balap Karung

  • Sabtu, 17 Agustus 2019 - 23:07:35 WIB | Di Baca : 53 Kali

SeRiau - Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 tak hanya dirasakan seluruh warga bangsa yang ada di Tanah Air. Jemaah haji yang masih berada di Mekah, Arab Saudi, tak mau ketinggalan ikut menyemarakkan HUT RI ke-74, 17 Agustus 2019.

Mereka saling bahu membahu, bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekah, menyiapkan segala persiapa upacara bendera Sabtu pagi. Seperti di Sektor 2 yang merupakan jemaah embarkasi Makassar (UPG), sejak pagi mereka sudah berkumpul di depan kantor sektor dan siap menggelar upacara.

Bertindak selaku inspektur upacara Sekretaris Ditjen Haji dan Umrah Kementerian Agama, Ramadhan Harisman. Sedangkan teks proklamasi dibacakan Ketua Sektor 02 Kaswad Sartono. Meski upacara berlangsung di negara orang, upacara tetap berlangsung khidmat.

Loading...

"Upacara di Tanah Suci ini terharu. Pertama kali upacara di luar negeri, rame sekali, ingat waktu sekolah, ingat jasa-jasa pejuang," kata Andi Manaf, salah seorang jemaah dari Makassar.

Selain melaksanakan upacara bendera, beberapa pengelola hotel jemaah haji Indonesia, juga secara khusus membuat acara perlombaan untuk jemaah haji khas 17-an layaknya di Tanah Air. Pengelola Hotel Rizq Palace, Bassam Abdulrazzaq, mengaku ikut berbahagia bersama jemaah haji dengan HUT RI-74.

"Atas nama Rizq Palace Hotel, saya mengucapkan selamat Ulang Tahun RI ke-74," kata Bassam di Hotel Rizq Palace, Misfalah, Mekah.

Bassam menyiapkan berbagai perlombaan bagi jemaah haji Indonesia yang tinggal di hotelnya. Hiasan balon merah putih dan bendera merah putih membuat acara makin semarak seperti di Tanah Air. 

Ada juga kue ulang tahun berlogo bendera merah putih dan bendera Arab Saudi sebagai simbol keakraban dua negara. Jemaah menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan lagu Hari Merdeka dan potong kue.

"Merdeka...Merdeka..." seru jemaah sembari memotong kue bersama.

Acara dilanjutkan dengan beragam lomba yang dikoordinir petugas sektor 7. Seperti lomba balap karung dan perlombaan lain yang pesertanya adalah jemaah haji Indonesia.

"Alhamdulillah, walaupun kita sedang ada di Arab Saudi berhaji tapi bisa sekalian merayakan hari kemerdekaan RI ke-74. Terima kasih pemerintah, layanan hotel sangat baik," kata Taufik Haryono, jemaah haji asal Jawa Barat.

Jemaah sangat bahagia, walau merayakan HUT RI ke-74 di negeri orang, tapi kehangatan, kebersamaan dan keseruan acara 17 Agustusan tetap bisa dirasakan, layaknya di negeri sendiri. (**H)


Sumber: VIVA




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar