Zulkifli Hasan: Hati-hati, Pemindahan Ibu Kota Perlu Persiapan Matang

  • Jumat, 16 Agustus 2019 - 18:45:36 WIB | Di Baca : 1038 Kali

SeRiau - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan oleh pemerintah harus dipersiapkan dengan matang.

"Dan tadi pamit lagi presiden untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan, tentu harus hati-hati ya, persiapkan dengan matang," kata Zulkifli saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (16/8/2019).

Zulkifli mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan lokasi yang akan dipilih, sarana prasarana yang mendukung, serta sumber daya alam (SDM) terkait rencanapemindahan ibu kota ini. 

"Ya lokasi tentu, sarana-prasarana pendukung ya, pendukung itu sumber daya alam, yang mendukung itu air, lingkungan, dan lain-lain," ujar dia. 

Selain itu, Zulkifli mengapresiasi pidato Jokowi terkait nota keuangan. Ia mengatakan, dukungan Jokowi terhadap ekonomi diharapkan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Ya justru kita dukung ya inisiatif bapak presiden untuk optimis mengenai ekonomi kita. Juga diharapkan bahwa kita bisa tumbuh jauh lebih tinggi dari apa yang ada, dengan melakukan terobosan-terobosan mengembangkan kreativitas," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan saat Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, ibu kota bukan sekadar simbol identitas bangsa. Menurut dia, ibu kota juga merupakan representasi kemajuan bangsa.

Karena itu, Presiden mengatakan bahwa pemindahan ibu kota bertujuan pemerataan dan keadilan ekonomi di Indonesia. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar