NasDem Sebut Kecil Kemungkinan Menteri Jokowi dari Nonkoalisi

  • Kamis, 15 Agustus 2019 - 18:49:20 WIB | Di Baca : 1001 Kali

SeRiau - Partai NasDem mengatakan hampir tidak mungkin Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk menteri dari partai nonkoalisi. Sebab, menurut NasDem, Jokowi tidak pernah membicarakan opsi tersebut. 

"Walaupun kecil kemungkinannya (nonkoalisi jadi menteri), tapi kalau itu keputusan Pak Joko Widodo kami tentu dukung," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Johnny yakin Jokowi akan mendiskusikan dengan koalisi jika akan menunjuk menteri dari nonkoalisi. Ia pun menyatakan parpol koalisi akan mendukung apa pun keputusan Jokowi jika hal itu dirasa memberikan manfaat bagi roda pemerintahan ke depan.

"Pak Jokowi kan bilang mesti dibicarakan dengan partai politik dulu. Kalau belum dibicarakan ya belum lah," tuturnya. 

"Dalam hal ini tentu kalau bergabung tentu harus memberikan manfaat tambahan," imbuh Johnny.

Terkait komposisi menteri sendiri, pada Rabu (14/8) dalam pertemuan dengan pimpinan redaksi media massa di Istana Negara, Jokowi mengungkapkan desain kabinet di periode keduanya. Dari usia, latar belakang, hingga kementerian baru.

Beberapa poin tersebut ialah terkait dengan usia menteri yang akan diisi kalangan generasi muda. Menteri muda ini berusia di bawah 30 tahun.

"Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional sebanyak 55 persen, dan parpol sebanyak 45 persen. Selanjutnya, terkait Jaksa Agung yang akan diisi dari kalangan nonparpol hingga mengubah nomenklatur kementerian atau kementerian baru. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar