Moeldoko soal Rektor Asing: PTS Akan Jadi Uji Coba

  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 19:13:26 WIB | Di Baca : 1064 Kali

SeRiau - Wacana pemerintah mengimpor rektor asinguntuk memimpin perguruan tinggi di Indonesia bakal segera terealisasi. Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan rektor asing bakal lebih dulu diterapkan di universitas swasta. 

"Saya sudah diskusi dengan Pak Menristekdikti (Mohamad Nasir). Nanti (impor rektor asing) akan diawali oleh perguruan swasta, universitas swasta, dicoba dulu, secepatnya," kata Moeldoko, di Surabaya, Sabtu (10/8).

Terkait dengan kampus swasta yang akan ditunjuk, Moeldoko juga belum berkenan mengungkap. "Ya namanya juga nyoba, bisa aja yang mana aja," kata mantan Panglima TNI tersebut.

Moeldoko menjelaskan latar belakang ide kebijakan impor rektor asing tersebut. Menurutnya, pemerintah ingin membangun iklim yang kompetitif terhadap para perguruan tinggi.

"Jangan dilihat asingnya, jangan, tetapi kalau kita ingin membangun kompetisi, perlu ada tantangan," katanya. 

Kendati demikian, pemerintah memastikan tetap membuka ruang aspirasi para rektor dalam negeri. Menurutnya, evaluasi dan masuk dari pihak kampus akan menjadi bahan pertimbangan.

Moeldoko pun merasa wajar bila saat ini ada sejumlah rektor yang menolak dan mengkritisi kebijakan tersebut. Menurutnya seiring berjalannya waktu nanti, para rektor pasti memahami tujuan baik pemerintah.

"Barang baru kan biasa begitu (ditolak), tapi lama-lama kan nggak," ujarnya, sembari tertawa. 

Sebelumnya, Menrsitekdikti Mohamad Nasir berencana mengundang rektor dari luar negeri untuk memimpin PTN. Nasir menargetkan rektor asing tersebut membawa universitas di dalam negeri tembus 100 besar dunia secara bertahap.

Nasir menyatakan anggaran untuk menggaji rektor dari luar negeri bakal dikeluarkan oleh pemerintah, tanpa mengurangi anggaran PTN masing-masing. Ia mengaku akan membahas masalah anggaran untuk menggaji rektor asing dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar