Habiskan Rp 17,6 M, Kongres PDIP Siap Diaudit

  • Kamis, 08 Agustus 2019 - 22:16:26 WIB | Di Baca : 1205 Kali

SeRiau - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yakin tak ada unsur politik uang dalam pelaksanaan Kongres V PDIP yang menelan biaya Rp 17,6 miliar. Meski demikian, ia tidak menjawab secara spesifik saat ditanya apakah pihaknya siap jika dana yang digelontorkan itu diaudit.

Hasto, justru membandingkan biaya Kongres PDIP dengan partai lain. Menurutnya, biaya yang dikeluarkan oleh PDIP lebih sedikit dibandingkan dengan parpol lain yang juga menggelar kongres.

"Kongres PDIP kami yakini biayanya paling murah. Kami siap dibandingkan parpol lain dan tidak ada money politic, karena segala sesuatunya melalui musyawarah mufakat, tidak ada voting," tegas Hasto di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8) malam.

Bahkan, kata Hasto, seluruh panitia yang terdiri dari kader juga direkrut melalui tahapan yang sangat serius. Mulai dari dilihat profilnya, hingga proses psikotes.

"Hanya saja, sampai saat ini, ketika kami bertanya kepada psikolog, tidak ada alat ukur untuk mengetahui orang ini korupsi atau tidak, menyalahgunakan kekuasaan atau tidak," tutur Hasto.

"Tapi komitmen terhadap nilai-nilai, seberapa besar dia punya komitmen terhadap partai, itu bisa diukur," imbuhnya.

Kongres V PDIP itu digelar sejak hari ini hingga 11 Agustus mendatang. Usai dibuka, PDIP lalu menetapkan Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Umum lagi.

Selain itu, forum tersebut juga membahas strategi partai untuk lima tahun ke depan. Salah satunya adalah masalah posisi menteri dan jumlahnya di periode kedua Presiden Joko Widodo. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar