Pengawas Hewan Kurban Temukan Ternak Dibawah Umur

  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 13:29:30 WIB | Di Baca : 146 Kali

SeRiau - Bertugas untuk memeriksa kesehatan dan kelaikan hewan kurban tahun 2019. Tim pengawas hewan kurban Kota Pekanbaru temukan ternak yang masih dibawah umur.

Tim pengawas hewan kurban yang belum sampai seminggu bergerak ke lapangan untuk memeriksa hewan kurban menemukan hewan ternak yang belum cukup umur untuk dijadikan hewan kurban. Hal itu dikatakan oleh, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Pekanbaru, Herlandria melalui selularnya, Minggu (4/8/2019).

"Sejauh ini tim masih tetap turun melakukan pemerikasaan, dan kita jumpai ada hewan yang dijual belum cukup umur," kata Herlandria.

Loading...

"Karena belum cukup umur, maka kita tidak keluarkan surat izin untuk penyembelihan hewan kurbannya," ujarnya.

Dari segi kesehatan hewannya, Ia menjelaskan ada hewan kurban sehat hanya saja kurus. Menurutnya itu wajar, karena untuk pakannya saja yang kurang.

Oleh karena itu, kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban, Herlandria mengimbau agar tetiti dalam memilih hewan kurban. "Seperti kesehatan hewan, yang dapat dilihat dari bulunya yang mengkilap, matanya bersinar, kotorannya normal," sebutnya.

"Kemudian dari segi cacat atau tidaknya hewan tersebut dapat dilihat dari ternaknya langsung, seperti kakinya yang tidak pincang, tanduknya tidak patah, telinganya tidak robek atau rusak, tidak buta, ekornya tidak terpotong," lanjutnya.

Disamping itu, Ia juga mengungkapkan bahwa kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru saat ini masih terpenuhi. "Karena ternak yang dijual pedagang masih ada yang belum terjual," ungkapnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar