Menteri Pendidikan-Agama Harus Bebas dari Politik Praktis

  • Ahad, 28 Juli 2019 - 20:26:37 WIB | Di Baca : 1039 Kali

SeRiau - Guru Besar Universitas Islam Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau Prof Dr Alaidin Koto mengatakan menteri yang membidangi sumber daya manusia seperti pendidikan dan agama harus terbebas dari kepentingan politik praktis. Untuk itu, dua posisi menteri tersebut jangan diserahkan kepada politisi.

Guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska ini berharap dalam penentuan kursi menteri saat ini Presiden Joko Widodo benar-benar mengambil pelajaran dari periode sebelumnya. Ia mengatakan kabinet yang umumnya direkrut dari politisi yang notabene sarat dengan kepentingan politik kelompok atau golongan menyebabkan banyak kasus pelanggaran hukum dan rasa keadilan.

Selain menteri pendidikan dan agama, menteri lainnya yang harus dibebaskan dan terbebas dari kepentingan serta politik praktis, yakni menteri pemberdayaan perempuan dan anak. "Mereka harus benar-benar bebas dari urusan politik praktis, apalagi untuk kepentingan partai," kata Alaidin yang juga salah satu Ketua DPP Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti).

Menurut doktor pemikir politik Islam itu, jika kementerian-kementerian yang disebutkan tadi masih diserahkan kepada orang-orang yang berada di partai politik maka akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia Indonesia ke depannya. "Bangsa kita akan menghadapi persoalan SDM yang semakin parah di masa datang," katanya.

Sementara itu, agar tidak menjadi utang politik dalam bursa calon menteri ini, Alaidin menyarankan agar presiden menyelesaikan utang-utang politik kepada partai dan orang-orang partai sebelum dilantik. "Beri pengertian kepada partai dan orang-orang partai itu bahwa kepentingan bangsa dan negara harus diletakkan di atas semua kepentingan yang lain, termasuk kepentingan partai," kata Alaidin.

"Kita tidak sama dengan negara-negara komunis di mana partai mengatasi negara," katanya.

Bursa calon menteri yang akan mengisi kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masih menjadi pembahasan hangat di pentas politik Tanah Air, terutama masuknya kalangan milenial untuk mengisi kursi sejumlah kementerian. Sementara itu terkait pembangunan SDM, Presiden Joko Widodo juga telah menyampaikan rencana lima tahun ke depan dalam acara ''Visi Indonesia'' di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7), di antaranya yaitu mempercepat pembangunan infrastruktur dan fokusnya beralih pada pembangunan sumber daya manusia. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar